Cara Memperbesar Suara / Volume Laptop Windows yang Kecil

  • oleh

Audio pada laptop digunakan sebagai media untuk menyalurkan suara yang dihasilkan dari perangkat tersebut. Kebanyakan perangkat laptop sudah dibekali fitur untuk mengatur besar kecilnya suara audio sesuai yang diinginkan penggunanya.

Cara mengatur volume secara umum adalah dengan menekan tombol volume di keyboard, atau melalui Settings. Disamping itu ada beberapa laptop Windows yang memiliki volume audio yang relatif kecil, dan hal ini membuat aktivitas mendengarkan musik ataupun menonton film jadi kurang memuaskan.

Volume laptop yang kecil tersebut sebenarnya tidak selalu diakibatkan oleh kerusakan pada speaker laptop, tapi kebanyakan karena pengaturan yang salah, driver error, kesalahan konfigurasi, bug sistem, dan lain sebagainya. Nah, untuk itu silakan baca artikel ini sampai selesai agar kamu bisa memperbesar suara laptop yang kecil.

Cara Memperbesar Suara Laptop

Lalu bagaimana cara memperbesar suara laptop? Memperbesar suara laptop pada dasarnya sangat mudah bila tidak terjadi masalah pada sistem yaitu dengan mengatur nilai volume menjadi lebih besar. Namun beda lagi bila terdapat masalah, yang mana kamu sudah mengaturnya full 100% tapi suara laptop masih juga kecil.

Terkait cara memperbesar suara laptop dan cara mengatasi suara laptop yang sudah full 100% namun suaranya kecil akan kami ulas detail di bawah ini. Jadi pastikan kamu membacanya sampai tuntas.

Gunakan Volume Controls

Di Windows memang sudah ada volume control yang bisa kamu gunakan untuk mengatur besar kecilnya suara. Hal ini penting untuk kamu ketahui, karena pada dasarnya nilai volume yang kecil maka secara otomatis suara yang keluar juga akan rendah.

Jadi, untuk memperbesar suara laptop kamu harus mencoba cara pertama ini terlebih dahulu. Karena bisa jadi kamu memang belum mengaturnya secara maksimal. Nah, cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu klik ikon speaker yang ada di taskbar.
  2. Jika sudah, maka akan muncul indikator volume, silakan kamu geser ke kanan untuk memperbesar suara.
  3. Pengaturan ini sifatnya universal, jadi jika suara sudah diatur maksimal maka seluruh sistem akan berubah volumenya.
  4. Nah, jika pada aplikasi tertentu volume atau suara yang dihasilkan masih rendah, maka kamu perlu melakukan langkah tambahan.
  5. Caranya, silakan klik kanan pada ikon speaker seperti yang tadi.
  6. Kemudian pada menu yang muncul, silakan pilih Open Volume Mixer.
  7. Pada halaman berikutnya, silakan kamu atur volume device dan aplikasi menjadi lebih besar, dengan cara geser indikator ke atas.
  8. Selesai.

Coba Atur Volume dari Keyboard

Kebanyakan laptop saat ini sudah terdapat shortcut pada keyboard yang berguna untuk mengatur suara laptop. Cobalah kamu periksa keyboard laptop kamu apakah ada tombol dengan ikon speaker atau tidak. Jika ada maka kamu bisa memanfaatkannya untuk memperbesar suara laptop.

Caranya adalah dengan menekan tombol Fn + Logo Speaker yang biasanya berada diantara F1 sampai F12. Pada tiap laptop kadang beda caranya, ada yang harus menekan tombol Fn ditambah tombol volume, dan ada yang tinggal menekan tombol volumenya saja.

Nah, ketika kamu menekan tombol kombinasi tersebut, biasanya akan muncul jendela pengaturan suara dan volume laptop akan jadi besar.

Enable Loudness Equalization

Untuk laptop yang driver audionya menggunakan Realtek audio driver maka kamu bisa mengaktifkan fitur yang bernama Loudness Equalizer untuk membesarkan suara laptop yang kecil. Nah, fitur ini berguna untuk menaikkan volume speaker melebih batas maksimal pada pengaturan default, biasanya maksimal bisa mencapai 150%.

Berikut cara melakukannya:

  1. Pertama, silakan kamu buka Settings dengan cara menekan tombol kombinasi Windows + I.
  2. Setelah itu, silakan kamu masuk ke menu System kemudian pilih Sound.
  3. Jika sudah, silakan kamu klik Sound Control Panel yang berada di sebelah kanan atas.
  4. Pada halaman selanjutnya, silakan kamu pilih Realtek (R) audio atau Speakers kemudian klik opsi Properties.
  5. Selanjutnya, silakan masuk ke tab Enchantments lalu centang kolom Loudness Equalization.
  6. Klik tombol Apply untuk menyimpan pengaturan.
  7. Selanjutnya, klik OK dan tutup jendela tersebut.
  8. Done.

Enable Audio Enhancements

Untuk memperbesar suara atau volume audio di laptop Windows 10 bisa juga dengan melakukan perubahan level audio secara universal. Caranya adalah dengan mengaktifkan fitur yang bernama Audio Enhancments yang bisa kamu akses melalui menu Settings Windows.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu buka Settings dengan cara menekan tombol kombinasi Windows + I.
  2. Setelah itu, silakan kamu masuk ke menu System kemudian pilih Sound.
  3. Jika sudah, silakan kamu klik Device Properties yang berada di bawah sound output.
  4. Pada halaman selanjutnya, silakan kamu klik Additional device properties yang ada di kanan atas halaman.
  5. Selanjutnya akan muncul halaman pengaturan speaker perangkat. Pada bagian ini silakan kamu klik tab Advance kemudian ceklis pada kolom Enable audio enhancements.
  6. Terakhir, klik OK dan Apply untuk menyimpan pengaturan.

Update Driver Audio

Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwa salah satu penyebab suara audio laptop kecil padahal volume sudah maksimal adalah karena sistem yang bermasalah. Nah, salah satunya terletak pada driver audio, yang mana driver audio ini merupakan sistem penggerak dan kontrol suara laptop.

Disamping hal itu, driver tersebut bisa saja mengalami error atau bug yang membuatnya tidak berfungsi seperti seharusnya dan mengakibatkan suara laptop kecil atau bahkan tidak muncul sama sekali, sehingga terdapat tanda audio silang merah.

Untuk mengatasinya kamu bisa melakukan update driver audio, dengan cara berikut:

  1. Tekan tombol Windows + R untuk memunculkan jendela Run.
  2. Pada opsi open silakan ketik devmgmt.msc lalu klik OK.
  3. Setelah itu pada program Device Manager yang terbuka, silakan klik tanda panah kecil di sebelah Audio inputs and outputs.
  4. Kemudian klik kanan pada Speaker Realtek Audio (audio sistem laptop), dan pilih Update driver.
  5. Pilih Search automatically for drivers.
  6. Tunggu hingga proses update selesai setelah itu restart laptop kamu.
  7. Update juga driver Realtek yang berada di Sound, video and game controllers.

Selain update driver, kamu juga bisa menginstal ulang Device audio. Device yang dimaksud di sini ialah driver audio bawaan Windows yang berfungsi mendeteksi perangkat suara di latpop kamu. Ketika ingin menginstal ulang device tersebut, kamu hanya perlu uninstall device audio.

Setelah itu, kamu hanya perlu restart laptop dan secara otomatis Windows akan memasang ulang driver tersebut ke laptop. Cara yang ini juga bisa menjadi alternatif jika update driver audio belum bisa menjadi solusi dalam mengatasi suara laptop kecil walau volumenya sudah maksimal.

Setting Audio Service

Audio service pada Windows berfungsi untuk menjalankan proses audio atau suara di Windows yang berjalan di latar belakang. Salah satu penyebab suara laptop kecil adalah karena kesalahan pengaturan pada audio service, yang mana bila audio service berhenti berjalan maka speaker tidak akan berfungsi dengan benar.

Untuk itu silakan kamu setting ulang audio service dengan cara berikut:

  1. Pertama tekan tombol kombinasi Windows + R untuk membuka Run.
  2. kemudian pada opsi Open di jendela yang muncul, silakan ketik services.msc lalu tekan Enter.
  3. Jika sudah masuk ke jendela service, silakan kamu cari Windows Audio lalu klik kanan dan pilih opsi Properties.
  4. Selanjutnya, pada Startup Type silakan kamu ubah ke Automatic.
  5. Selanjutnya tekan opsi Start kemudian klik Apply untuk menjalankan.
  6. Done.

Gunakan VLC Media Player

VLC Media Player merupakan aplikasi pemutar musik dan video yang memungkinkan penggunannya bisa memperbesar suara pada laptop hingga 300%. Untuk menggunakan VLC Media Player ini ada beberapa konfigurasi yang harus kamu ubah agar suara bisa melebihi batas maksimal.

Nah, untuk lebih detailnya silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan download dan instal terlebih dahulu aplikasi VLC Media Player.
  2. Setelah itu, buka aplikasinya kemudian klik menu Tools lalu pilih Preferences pada menu utama aplikasinya. Untuk lebih mudahnya kamu bisa langsung menekan tombol kombinasi Ctrl + P setelah masuk ke aplikasi.
  3. Selanjutnya akan muncul pop up baru. Pada bagian tersebut silakan pilih tab Interface, kemudian klik opsi All yang berada pada menu Show settings di pojok kiri bawah.
  4. Pada halaman berikutnya yang muncul, silakan kamu ketik maximum volume di kolom pencarian, kemudian klik Qt interface dari hasil pencarian tersebut.
  5. Jika sudah, silakan cek panel sebelah kanan lalu carilah Maximum Volume displayed. Setelah ketemu, silakan ubah pengaturannya dari 125 menjadi 300.
  6. Terakhir klik Save untuk menyimpan pengaturannya, dan sekarang kamu bisa memutar audio atau video dengan suara sampai maksimal 300%.

Menggunakan Media Player Classic

Aplikasi yang bisa dipakai untuk memperbesar suara laptop selanjutnya adalah Media Player Classic (MPCHC). Aplikasi ini memungkinkan penggunannya bisa mengatur volume audio hingga 3 kali lipat dari batas maksimal volume default laptop kamu.

Nah, cara menggunakan Media Player Classic adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan kamu download terlebih dahulu aplikasi MPCHC.
  2. Setelah selesai mengunduh, silakan instal aplikasinya seperti biasa.
  3. Jika sudah, silakan buka video yang ingin kamu putar menggunakan aplikasi MPCHC ini.
  4. Selanjutnya silakan klik kanan pada video yang sudah dibuka dengan aplikasi MPCHC tersebut lalu klik Options.
  5. Sesudah itu, klik pada bagian Internal Filters kemudian pilih Audio Switcher lalu silakan atur Boost sesuai kebutuhan.
  6. Kamu tinggal geser ke kanan pada indikator Boost untuk memperbesar suara laptop.
  7. Selesai.

Pakai Aplikasi FX Sound

Rekomendasi aplikasi untuk memperbesar suara lainnya untuk laptop Windows 10 adalah FX Sound. Aplikasi ini tidak hanya bisa memperbesar suara, melainkan bisa digunakan sebagai equalizer audio yang bisa memberikan efek suara seperti Hyperbass, Fidelity, Dynamic boost, 3D Surround, dan Ambience.

Fx Sound merupakan aplikasi yang dirancang memberi efek lebih pada suara yang dihasilkan dari audio laptop atau PC. Fx Sound ini memungkinkan pengguna mendengarkan suara dengan resolusi tinggi dan sudah mendukung semua jenis media player. Contohnya Edge, VLC, Firefox, Chrome, Facebook atau YouTube.

Jadi, jika kamu menggunakan aplikasi ini maka tidak hanya suara saja yang menjadi lebih besar, tetapi kualitas suara yang keluar dari audio laptop juga akan lebih baik dibanding tidak menggunakan aplikasi FX Sound. Aplikasi ini berbayar, dan untuk versi gratisnya hanya bisa dinikmati selama 7 hari saja.

Tambahkan Volume Booster (Browser)

Jika kamu suka memutar musik atau video di YouTube atau situs lainnya melalui sebuah browser maka kamu bisa memperbesar suara yang dihasilkan dengan menggunakan ekstensi Volume Booster. Peningkatan suara yang dihasilkan dari Volume Booster tidak sebesar aplikasi pihak ketika seperti yang dijelaskan di atas.

Walaupun begitu, ekstensi ini cukup worth it loh, dan tambahan suara yang dihasilkan juga lumayan lah dibanding pegaturan default.

Nah, untuk pengguna Chrome silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan kamu instal ekstensi Volume Booster di Chrome terlebih dahulu.
  2. Setelah ekstensi terpasang di Chrome maka pada bagian kanan atas halaman browser akan muncul ikon Volume Booster.
  3. Untuk menggunakannya, silakan kamu klik saja ikon Volume Booster kemudian geser indikator ke kanan untuk meningkatkan volumenya.
  4. Nah, untuk mengembalikan suara ke default, silakan klik saja ikon Volume Booster kemudian pilih opsi Turn Off.
  5. Done, mudah kan?

Akhir Kata

Demikianlah tadi pembahasan kita mengenai cara memperbesar suara laptop Windows yang kecil. Cara-cara yang kami tuliskan di atas sangatlah worth it untuk kemu coba, jadi tidak usah ragu mengikuti panduan yang kami berikan di atas.

Nah, terkait aplikasi untuk memperbesar suara laptop sebenarnya masih banyak opsi lain yang bisa kamu coba, jadi silakan cari informasi lebih lanjutnya di internet. Sebagai tambahan, jika dengan cara-cara di atas kamu belum puas dengan suara yang dihasilkan laptop maka kamu perlu menggunakan sound eksternal.

Jika kamu menggunakan sound atau speaker eksternal tentu hasil suara yang dikeluarkan akan lebih berkualitas dan akan memberikan kamu pengalaman suara yang menakjubkan. Karena bagaimanapun, kualitas suara dari speaker laptop masih kalah jauh dengan sound eksternal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *