Cara Membuat Simbol Kurang Lebih di Word (±) dengan Mudah

Simbol kurang lebih ± biasa digunakan untuk menggambarkan sebuah nilai tidak pasti, seperti perkiraan, kisaran, atau kemungkinan. Jadi simbol ini sangat diperlukan untuk membuat dokumen yang didalamnya berisi sebuah nilai tidak pasti.

Berbeda dengan simbol matematika lain yang bisa ditemukan di keyboard, simbol kurang lebih ini ternyata tidak bisa kamu temukan di keyboard apapun, apalagi keyboard bawaan laptop.

Jadi untuk membuat tombol ± di aplikasi Microsoft Office Word, diperlukan cara khusus. Berikut ini 3 cara untuk membuat tombol kurang lebih yang bisa kamu lakukan di semua versi aplikasi Microsoft Word.

Membuat Simbol ± Menggunakan Fitur Symbol

Pertama, kamu bisa membuat simbol kurang lebih (±) dengan memanfaatkan fitur untuk menambahkan Symbol khusus di aplikasi Word. Kamu bisa menemukannya di tab Insert, berikut langkah-langkah lengkapnya:

  1. Buka dokumen Word yang akan kamu beri tanda kurang lebih.
  2. Buka tab Insert, lalu pilih opsi Symbol.
  3. Kadang simbol ± sudah muncul di menu tersebut, namun jika tidak klik saja opsi More Symbols.
  4. Pada bagian Subset, pilih Latin-1 Supplement, lalu cari simbol ±.
  5. Klik tombol Insert untuk menambahkannya ke halaman Word.

Membuat ± Menggunakan Keyboard

Selain menggunakan cara di atas, terdapat juga cara lain untuk membuat simbol lebih kurang, yaitu dengan menggunakan tombol shortcut pada keyboard komputer kamu. Lalu apa tombolnya?

Untuk menambahkan simbol plus minus di Word, silahkan klik di halaman yang ingin kamu tambahkan simbol tersebut, kemudian tekan dan tahan tombol Alt lalu tekan tombol 0177 pada area Numpad.

Jika kamu menggunakan laptop, kamu tetap bisa melakukan hal ini, asalkan laptop kamu support tombol Numpad yang biasanya bisa dipencet dengan tambahan tombol Fn.

Buat Tanda + Disertai Underlined

Alternatif lainnya yaitu dengan menggabungkan tanda tambah (+) dengan underlined atau garis bawah. Hal ini akan membuat tanda plus seolah-olah menjadi tanda plus dan minus.

Untuk melakukannya silahkan klik pada bagian halaman yang akan kamu beri simbol kurang lebih, setelah itu aktifkan Underlined dengan menekan tombol Ctrl + U kemudian tekan tombol + di keyboard.

Itulah 3 cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat simbol kurang lebih di aplikasi Word. Silahkan gunakan salah satu dari ketiga cara di atas yang menurut kamu paling mudah untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *