Lompat ke konten

Cara Simpel Membuat Hotspot dengan Command Prompt (CMD)

Sebuah perangkat biasanya connect ke WiFi melalui sumber jaringan Internet yang dipancarkan dari sumber aksesnya (hotspot) . Ada berbagai alat yang biasa digunakan sebagai hotspot, yaitu modem, router, MiFi, atau tethering dari smartphone.

Fungsinya alat terseut hanyalah sebagai pemancar, jadi asalkan ada koneksi internet, keempat jenis perangkat tersebut tentu saja bisa dipakai untuk membuat hotspot. Bicara mengenai hotspot, ternyata laptop atau PC Windows bisa loh digunakan sebagai pemancar atau hotspot WiFi.

Nah, untuk membuat hotspot dari PC atau laptop Windows caranya mudah banget, karena kamu tidak perlu menginstal aplikasi khusus. Cukup dengan menggunakan tools bawaan, yaitu Command Prompt (CMD). Penasaran bagaimana caranya? Yuk simak artikel ini sampai selesai.

Cara Membuat Hotspot di Windows dengan CMD

Untuk membuat hotspot dengan CMD kamu bisa menggunakan laptop atau PC dengan sistem komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 7, 8, 8.1, 10, atau 11, ya. Karena untuk perangkat dengan Windows XP atau Windows 7 ke bawah belum support tethering.

Perlu kamu ketahui kalau di laptop biasanya sudah ada WiFi receiver yang fungsinya untuk menerima koneksi internet dan memancarkannya kembali. Namun, kalau di PC atau komputer biasanya kamu perlu menambahkan alat yang bernama USB WiFi Receiver, contohnya seperti pada gambar di bawah ini.

Nah, untuk mendapatkan USB WiFi Receiver tersebut kamu membelinya di toko perlengkapan komputer di sekitar tempat tinggal kamu. Harganya sendiri cukup terjangkau, dan bisa kamu dapatkan mulai dari 40.000 rupiah sampai seratus ribuan lebih, tergantung kualitas dan merk-nya.

Kalau alatnya sudah ada, kamu bisa langsung membuat hotspot dengan Command Prompt (CMD) melalui langkah-langkah di bawah ini.

Atur Hotspot di CMD

Command Prompt memang menjadi tool yang sangat powerful untuk digunakan berbagai hal, mulai dari memperbaiki masalah sistem sampai untuk membuat hotspot. Nah, untuk membuat hotspot tersebut kamu hanya perlu menggunakan kode khusus.

Berikut detailnya:

  1. Pertama, silakan buka kolom search Windows kemudian ketikkan Command Prompt lalu buka hasil pencariannya dengan klik Run as administrator.
  2. Untuk lebih simpelnya, kamu bisa menggunakan tombol kombinasi Windows + R lalu ketik CMD dan tekan Enter.
  3. Jika halaman Command Prompt sudah terbuka, silakan kamu masukkan perintah netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NEOTEKNO key=Neowebs1te.
  4. Pada kata setelah ssid, silakan kamu ganti dengan nama hotspot yang diinginkan, lalu untuk password (key) minimal 8 karakter dengan kombinasi huruf besar, kecil, angka di dalamnya. Jika sudah, silakan tekan Enter.
  5. Selanjutnya, untuk mulai mengaktifkan hotspot secara otomatis, silakan masukkan perintah netsh wlan start hostednetwork, lalu tekan Enter.
  6. Tunggu sesaat sampai muncul tulisan the hosted network started.
  7. Selesai, kamu sudah berhasil mengaktifkan hotspot dengan CMD.

Sebagai tambahan saja, untuk menonaktifkan hotspot kamu bisa juga melakukannya lewat CMD. Caranya cukup dengan memasukkan perintah netsh wlan stop hostednetwork kemudian tekan Enter.

Atur Akses Internet

Setelah kamu berhasil membuat hotspot melalui cara di atas, sekarang kamu harus mengatur akes internetnya juga. Karena jika tidak, maka HP atau perangkat yang tersambung dengan hotspot tersebut tidak akan menerima koneksi internet dan sama saja belum bisa digunakan.

Untuk itu, silakan kamu atus akses internet dengan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pada kolom search Windows, silakan ketikkan Control Panel lalu buka.
  2. Setelah terbuka, silakan masuk ke menu Network and Internet kemudian pilih Network and Sharing Center.
  3. Pada halaman Network and Sharing Center, silakan klik koneksi yang kamu jadikan sumber akses internet, baik itu dari modem atau roter WiFi. Setelah itu pilih menu Properties.
  4. Jika sudah, silakan masuk ke tab Sharing kemudian ceklis pada opsi Allow orther network users to connect through this computer’s internet connection.
  5. Selanjutnya, pada kolom Home Networking Connection silakan atur ke koneksi WiFi yang telah kamu pilih dan buat sebelumnya pada langkah 3.
  6. Setelah selesai tinggal klik OK untuk menerapkan.

Cara Lain Membuat Hotspot

Untuk membuat hotspot melalui CMD, kita harus memasukkan kode tertentu terlebih dahulu untuk mengaktifkannya. Namun, pada Windows 10 dan 11 kamu bisa mengaktifkan hotspot langsung melalui menu settings Windows.

Caranya seperti ini:

  1. Pertama, silakan buka Settings Windows dengan menekan tombol kombinasi Windows + I.
  2. Setelah itu, silakan masuk ke menu Network & Internet.
  3. Kemudian klik Mobile Hotspot.
  4. Untuk mengaktifkan hotspot, silakan ubah pengaturannya menjadi On.
  5. Done. Kamu bisa mengatur SSID dan Password pada bagian Edit di bawah internet connection.

Solusi Jika Muncul Error (Tambahan)

Cara-cara di atas sebenarnya sudah cukup untuk mengatifkan hotspot dan melakukan sinkronisasi koneksi dan hotspot atau tethering dari PC atau laptop yang kita buat sudah otomatis menyala. Tapi pada beberapa kasus, ada yang mengamai error setelah mengaktifkan hotspot.

Biasanya muncul pesan error An error occurred while Internet Connection Sharing was being enabled“. Error tersebut berakibat pada proses aktifasi hotspot dan sinkronisasi koneksi tidak bisa dimuat atau gagal dilakukan. Untuk mengatasi masalah ini, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, silakan buka search Windows kemudian ketikkan System Configuration lalu buka hasilnya.
  2. Pada Windows 10 & 11, kamu bisa mengaksesnya melalui Run dengan menekan tombol Windows + R kemudian ketik MsConfig dan tekan Enter.
  3. Setelah System Configuration terbuka, silakan pergi ke tab Service, lalu silakan ceklis semua opsi seperti gambar di bawah ini.
  4. Jika sudah, silakan klik Apply lalu klik OK.
  5. Setelah itu, silakan restart PC atau laptop yang kamu gunakan.

Setelah perangkat menyala, silakan ulangi lagi langkah untuk mengaktifkan hotspot dan melakukan sinkronisasi koneksi internet dengan cara-cara di atas.

Akhir Kata

Sebenarnya tidak begitu sulit untuk membuat hotspot WiFi dengan Command Prompt (CMD) baik itu di Windows 7, 8, 8.1, 10 maupun Windows 11. Dengan cara-cara di atas, kamu akan bisa menikmati hotspot dari hasil tethering dari laptop atau PC, yang telah dibuat tadi di perangkat lain, seperti HP contohnya.

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan kita mengenai cara membuat hotspot dengan Command Prompt (CMD) di laptop atau PC Windows. Semoga artikel yang kami bagikan ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.