Cara Membuat Footnote di Word Semua Versi (Windows & Mac)

Saat sedang membuat dokumen di Word, kadang perlu menyisipkan sebuah footnote atau catatan kaki. Khususnya pada saat membuat dokumen dengan jenis karya ilmiah dan dokumen sejenis lainnya.

Dengan adanya footnote tersebut, dokumen karya ilmiah yang kamu buat akan terlihat semakin baik. Dimana footnote sendiri memiliki fungsi untuk memberikan sebuah keterangan referensi dan bisa mempermudah kamu dalam membuat karya ilmiah.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi mengenai bagaimana cara untuk membuat footnote di Microsoft Office Word versi berapapun. Tapi sebelum itu, sebaiknya kamu kenali terlebih dahulu apa itu footnote dan apa bedanya dengan endnote.

Perbedaan Footnote dan Endnote

Sebenarnya footnote dan endnote merupakan sebuah fitur dengan tujuan dan fungsi yang sama, hanya saja terdapat perbedaan pada penempatan atau lokasi keterangan dari kedua fitur tersebut.

Footnote ditempatkan sebagai catatan kaki, yang mana posisinya berada di bagian bawah halaman. Sedangkan untuk endnote ditempatkan sebagai catatan akhir dan posisinya berada di bagian akhir dokumen.

Cara Membuat Footnote di Windows

Setelah kamu mengetahui akan perbedaannya, sekarang saatnya untuk masuk ke cara membuat footnote Word di PC Windows. Setidaknya ada 2 cara berbeda untuk membuat footnote di PC Windows, simak selengkapnya di bawah ini.

Tab References

Cara pertama ini tergolong cara yang klasik dan sangat mudah untuk dilakukan oleh siapapun, yaitu dengan memilih fitur Footnote yang ada di tab References. Berikut cara untuk melakukannya:

  1. Buka dokumen Word yang akan kamu tambah footnote.
  2. Letakkan cursor di bagian akhir kata atau kalimat yang ingin kamu beri footnote.
  3. Buka tab Reference, lalu klik opsi Insert Footnote yang ada di bagian footnotes.
  4. Akan muncul superscript atau seperti pangkat atas dengan angka 1. Contoh NeoTekno1.
  5. Kamu juga akan diarahkan ke bagian bawah halaman tempat Isi footnote berada. Isi footnote tersebut dengan sumber referensi atau catatan lainnya.
  6. Selesai.

Shortcut Keyboard

Cara membuat footnote di PC Windows berikutnya yaitu dengan menggunakan kombinasi tombol di keyboard, dengan begitu kamu tidak perlu repot memindahkan tangan ke mouse dan memilih opsi footnote di tab References. Berikut caranya:

  1. Letakkan kursor di bagian paling belakang sebuah kata atau kalimat yang ingin kamu beri footnote.
  2. Tekan tombol Ctrl + Alt + F secara bersamaan di keyboard.
  3. Akan muncul footnote, tuliskan isi footnote tersebut.

Cara Membuat Footnote di Mac

Bagi kamu yang menggunakan Mac, cara membuat footnote di Word Macbook tentu berbeda dengan membuatnya di Windows. Untuk itu, silahkan lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Blok atau Highlight teks yang akan kamu tambahkan footnote.
  2. Klik tab Insert lalu pilih opsi Footnote.
  3. Aktifkan Footnotes di kolom location, lalu pilih penempatan footnote.
  4. Lakukan pengaturan lain pada footnote box sesuai dengan kebutuhan kamu.
  5. Klik OK untuk menyisipkan footnote tersebut.

Format Penulisan Footnote yang Benar

Footnote biasanya diisi dengan informasi mengenai sumber informasi yang kamu dapatkan dan kamu tuliskan di dokumen Word kamu. Oleh karena itu, penulisan footnote juga tidak sembarangan. Berikut beberapa contoh format penulisan footnote.

Bersumber dari Buku:

Nama penulis buku, judul buku, penerbit (nama, kota, tahun), nomor halaman.

Bersumber dari Internet:

Nama penulis artikel, judul artikel, URL web, waktu pengaksesan.

Bersumber dari Jurnal:

Nomor kutipan, nama penulis jurnal, judul artikel (ditulis miring), nama jurnal, tahun terbit, nomor halaman.

Sekian artikel mengenai cara membuat footnote di Word yang bisa kamu lakukan di semua versi Word, mulai dari 2003, 2007, 2010, 2013, 2016, hingga Word 365. Semoga artikel ini bisa membuat kamu semakin mahir dalam menggunakan aplikasi Word.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *