Cara Membuat Flowchart di Word yang Benar dan Sesuai Format

  • by

Flowchart merupakan sebuah diagram alir yang mempresentasikan sebuah aliran proses data dengan langkah-langkah yang digambarkan dalam bentuk simbol-simbol tertentu.

Setiap simbol tersebut menggambarkan sebuah aktivitas tertentu yang bisa membantu kamu untuk mengerti sebuah aliran proses tertentu. Seperti proses algoritma pemrograman, alur kerja, dan proses lainnya.

Untuk kamu yang baru pertama kali akan membuat flowchart, mungkin kamu kamu akan merasa bingung. Namun sebenarnya, kamu bisa dengan membuat flowchart di aplikasi Word. Simak cara lengkapnya di bawah ini.

Cara Membuat Flowchart di Microsoft Word

Setidaknya ada 2 cara berbeda yang bisa kamu gunakan untuk membuat flowchart di Word. Pertama yaitu dengan menggunakan fitur Shapes, dan yang kedua dengan menggunakan fitur SmartArt.

Membuat Flowchart dengan Shapes

Kami bahas cara yang pertama dulu, cara membuat flowchart menggunakan fitur Shapes benar-benar pilihan yang tepat. Karena di opsi Shapes ini memang sudah disediakan berbagai bentuk simbol flowchart sesuai dengan fungsinya.

Jadi setiap simbol (bangun datar) pada flowchart itu memiliki arti tertentu, hal ini harus diperhatikan jika kamu akan membuat flowchart yang sesungguhnya, apalagi flowchart untuk proses pemrograman.

Oleh karena itu, sebelum mulai membuat flowchart di Word menggunakan fitur shapes ini. Kamu harus mengenali terlebih dahulu beberapa bentuk flowchart yang sering digunakan beserta fungsinya. Berikut beberapa diantaranya:

Untuk arti dari bentuk lainnya, kamu bisa mencarinya sendiri dengan mengarahkan kursor mouse kamu ke bentuk symbol flowchart yang kamu maksud, maka akan muncul sebuah menu yang menerangkan arti symbol tersebut.

Sekarang saatnya masuk ke proses pembuatan flowchart di Word dengan memanfaatkan fitur Shapes, silahkan simak setiap langkahnya dengan baik agar tidak terjadi kesalahan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Aktifkan fitur Gridlines untuk mempermudah kamu dalam menggambar flowchart, caranya buka tab View lalu centang Gridlines.
  2. Buka tab Insert, lalu pilih Shapes.
  3. Akan muncul sebuah menu dengan berbagai pilihan bentuk Shapes, namun kategori bentuk yang akan digunakan adalah Lines dan Flowchart.
  4. Buat shape flowchart pertama dengan memilih salah satu bentuk. Kami akan memulainya dengan bentuk oval (sebagai tanda untuk proses dimulainya flowchart).
  5. Akan muncul tanda Corsair (+), klik pada satu titik lalu tekan dan tarik untuk menentukan ukurannya.
  6. Setelah kamu menggambarkan Shapes tersebut, akan muncul tab Format (Drawing Tools). Pada Tab ini kamu bisa mengatur gaya dari shapes tersebut, mulai dara warna keseluruhan, warna garis tepi, dan masih banyak lagi.
  7. Untuk menambahkan tulisan di dalam simbol tersebut, klik opsi Add Text yang ada di tab Format. Kemudian masukkan tulisan yang kamu butuhkan.
  8. Selanjutnya, buat Shapes baru untuk melengkapi flowchart. Caranya silahkan lakukan kembali langkah nomor 4-7 dengan memilih bentuk yang berbeda (tergantung kebutuhan).
  9. Untuk menghubungkan antara satu simbol ke simbol lain, pilih opsi Lines pada bagian Insert Shapes.
  10. Setelah muncul Corsair (+), klik di bagian tengah bawah simbol pertama lalu tarik ke bagian tengah atas simbol kedua. Lakukan cara ini hingga semua simbol terhubung.
  11. Sama halnya dengan saat membuat simbol, saat kamu membuat garis juga akan muncul tab Format. Kamu bisa mengatur gaya garis tersebut disana.

Membuat Flowchart dengan SmartArt

Jika kamu merasa membuat flowchart menggunakan cara pertama terlalu lama dan ribet, kamu bisa memilih untuk menggunakan cara yang kedua ini. Yaitu dengan memanfaatkan fitur SmartArt.

Namun perlu kamu perhatikan bahwa flowchart yang dapat kamu buat dengan fitur SmartArt bukanlah flowchart yang sesungguhnya. Karena di bagian SmartArt, simbol yang digunakan bukanlah simbol asli yang sudah ditentukan pada format flowchart.

Melainkan hanya sebuah tampilan kotak-kotak biasa yang saling terhubung, jadi cara ini sebaiknya hanya kamu gunakan untuk membuat diagram proses sederhana saja. Bukan digunakan untuk membuat flowchart yang sesungguhnya.

Untuk membuatnya, silahkan simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Buka tab Insert, lalu pilih opsi SmartArt.
  2. Pada jendela Choose a SmartArt Graphic, pilih opsi Process kemudian pilih salah satu desain yang kamu inginkan. Klik OK untuk membuatnya.
  3. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengisi setiap kotak yang sudah ada dengan tulisan atau gambar sesuai kebutuhan.
  4. Kamu juga bisa menambahkan kotak lain, menghapus, dan memindahkan posisinya jika diperlukan.
  5. Kreasikan diagram proses sesuai kebutuhan kamu.

Itulah 2 cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat flowchart di aplikasi Microsoft Word. Cara di atas bisa kamu lakukan di semua versi aplikasi, hanya saja mungkin akan ada sedikit perbedaan tampilan pada beberapa versi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *