Cara Mematikan Keyboard Laptop Semua Merk Tanpa Ribet

  • oleh

Keyboard merupakan sebuah hardware (perangkat keras) pada laptop ataupun komputer yang digunakan untuk melakukan input data berupa angka, huruf, dan simbol. Umunnya keyboard ada dua jenis, yakni keyboard internal dan keyboard eksternal.

Kedua jenis keyboard tersebut memiliki fungsi yang sama, tapi terkadang banyak pengguna laptop yang memilih untuk menggunakan keyboard eksternal daripada keyboard internal. Entah alasannya karena kenyamanan ataupun karena keyboard internal mereka rusak atau error.

Jujur sih, saya pribadi lebih nyaman menggunakan keyboard eksternal, apalagi kalau pakai mechanical keyboard rasanya jauh lebih mantep. Karena hal inilah saya mematikan sementara keyboard laptop, karena ditakutkan kalau tidak sengaja terpencet, terutama kalau di atas keyboard laptop ada barang.

Cara Mematikan Keyboard Laptop

Untuk mematikan keyboard di laptop kamu, sebenarnya ada beberapa opsi yang dapat kamu pakai. Kamu hanya perlu mengikuti cara-cara yang sudah kami tuliskan di bawah. Kamu bisa memakai cara tanpa menggunakan aplikasi tambahan ataupun dengan menggunakan aplikasi tambahan.

Jadi, silakan simak ulasan berikut sampai selesai!!

Menggunakan Tombol Keyboard Lock

Hal pertama yang perlu dicoba untuk mematikan keyboard di laptop adalah dengan menggunakan tombol yang sudah tersedia di keyboard yaitu function keys. Tombol ini biasanya memiliki logo keyboard dan biasanya terletak di antara F1 samapi dengan F12.

Silakan kamu coba periksa tombol tersebut di laptop kamu. Kemudian, untuk menonaktifkan keyboard laptop kamu perlu menekan tombol kombinasi Fn + Tombol keyboard Lock. Tapi tidak semua merk laptop memiliki tombol tersebut, nah jika laptop kamu tidak ada tombol ini silakan skip saja cara yang pertama ini.

Melalui Device Manager

Lanjut ke cara yeng kedua yaitu menggunakan Device Manager. Untuk mematikan keyboard menggunakan Device Manager ini, kamu perlu sedikit memanipulasi fungsi driver keyboard. Caranya adalah dengan mengupdate driver secara menual, kemudian pasang driver yang tidak kompatibel dengan perangkat.

Maka dengan begini keboard tidak akan terdeteksi dan akan mati fungsinya. Nah, untuk melakukannya silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silakan tekan tombol kombinasi Windows + R.
  2. Lalu ketikkan devmgmt.msc pada bagian Open.
  3. Setelah itu kamu akan masuk ke halaman Device Manager. Silakan kamu klik pada bagian Keyboard.
  4. Kemudian akan muncul keyboard yang terdeteksi di perangkat kamu. Biasanya pada laptop keyboard bawaannya bernama Standard PS/2 Keyboard.
  5. Silakan klik kanan pada driver tersebut kemudian pilih opsi Update driver.
  6. Setelah itu akan muncul jendela baru, silakan pilih pada bagian Browse my computer for drivers.
  7. Selanjutnya, klik Let me pick from a list of avaible drivers on my computer guna untuk memilih driver.
  8. Silakan kamu hapus centang pada bagian Show compatible hardware.
  9. Selanjutnya, pilih driver yang ada dalam daftar, kamu bebas memilih driver tersebut yang penting bukan driver yang kompatibel dengan perangkat kamu. Setelah itu klik Next.
  10. Setelah memilih, maka akan muncul jendela konfirmasi, silakan pilih saja Yes.
  11. Selesai.

Perlu diingat, kalau cara yang ini hanya akan menonaktifkan keyboard sementara, dan jika laptop kamu di restart maka driver akan kembali ke keaadaan semula, dan keyboard akan berfungsi kembali. Nah, jika kamu tidak menginginkan driver tersebut seperti semula, silakan matikan pembaruan driver otomatis di perangkat kamu.

Jika kamu ingin mematikan pembaruan driver tersebut berarti kamu akan menonaktifkan fungsi keyboard secara permanen. Nah, untuk melakukannya, silakan simak ulasan di bawah ini!!

Memakai Policy Editor (Permanen)

Cara yang selanjutnya ini bisa membuat keyboard laptop tidak aktif secara permanen, dan ketika laptop dimulai ulang maka driver tidak bisa melakukan instal ulang otomatis. Cara ini cocok untuk kamu yang ingin sepenuhnya menggunakan keyboard eksternal.

Nah, untuk mematikan keyboard di laptop secara permanen, berikut caranya:

  1. Pertama, silakan buka jendela Run dengan cara menekan tombol kombinasi Windows + R di keyboard.
  2. Kemudian ketikkan gpedit.msc pada bagian Open, lalu Enter.
  3. Jika sudah, silakan masuk ke Computer Configuration kemudian Administrative Template lalu System.
  4. Setelah itu masuk ke Device Installation lalu Device Installation Restrictions.
  5. Carilah Prevent installation of devices not described by other policy settings kemudian klik dua kali pada item tersebut guna membuka pengaturan.
  6. Selanjutnya, setelah jendela pengaturan muncul, ubah opsi tersebut menjadi Enabled.
  7. Kemudian klik Apply dan pilih OK.
  8. Terakhir, silakan kamu ulangi langkah sebelumnya, yakni melalui Device Manager.
  9. Selesai.

Alternatif lainnya yang bisa kamu coba agar driver tidak terinstal otomatis adalah dengan uninstal driver bawaan laptop kamu, seperti yang di atas. Karena driver keyboard bawaan sudah tidak ada, maka secara otomatis keyboard di laptop tidak akan berfungsi lagi.

Menggunakan Keyboard Locker

Buat kamu yang ingin menggunakan aplikasi tambahan untuk mengunci keyboard, kamu bisa memakai aplikasi Keyboard Locker. Secara garis besar, fungsi Keyboard Locker adalah untuk mengunci sementara akses ke keyboard kamu, dan cara melakukannya pun tidaklah ribet.

Nah, berikut cara menggunakan aplikasi Keyboard Locker:

  1. Pertama kamu perlu download aplikasi Keyboard Locker terlebih dahulu. Kamu bisa download disini.
  2. Setelah selesai download, silahkan ekstrak file tadi, dan instal file KeyboardLocker.exe seperti menginstal aplikasi pada umumnya.
  3. Setelah selesai di instal, maka akan muncul logo keyboard kecil di system tray (pojok kanan bawah). Hal ini menunjukkan kalau keyboard locker sudah aktif.
  4. Kemudian, Untuk mengunci keyboard laptop silakan tekan tombol kombinasi Ctrl+Alt+L. Setelah itu logo keyboard di system tray akan berubah. Hal ini berarti, keyboard kamu sudah terkunci.
  5. Cara membukanya cukup mudah, kamu hanya perlu mengetik Unlock di keyboard kamu. maka secara otomatis keyboard yang terkunci akan terbuka.

Cara Mengaktifkan Kembali Keyboard

Lalu, bagaimanakah cara mengaktifkan kembali keyboard yang di-nonaktifkan permanen? Jawabannya adalah kamu harus mengaktifkan kembali fungsi driver keyboard laptop yang telah kamu nonaktifkan sebelumnya. Sederhananya kamu hanya perlu mengembalikan driver di Device Manager ke default yaitu Standard PS/2 Keyboard.

Cara melakukannya tentu masih sama seperti yang kami jelaskan pada cara kedua. Kamu tinggal mengulangi langkah-langkahnya lalu pada saat kamu memilih driver yang tidak kompatibel, silakan kamu ganti langkahnya dengan memilih driver Standard PS/2 Keyboard.

Dengan begini, perangkat kamu akan mendeteksi lalu memasang otomatis driver keyboard ke laptop kamu, dan kamu bisa menggunakan kembali keyboard internal.

Akhir Kata

Begitulah tadi pembahasan mengenai cara mematikan keyboard laptop. Sebenarnya masih banyak metode yang bisa kamu coba kalau memakai aplikasi pihak ketiga, namun kami rasa cara-cara di atas sudah cukup untuk menonaktifkan keyboard laptop.

Semoga artikel ini bermanfaat!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *