Cara Memasang IDM ke Firefox Agar Bisa Download Otomatis

  • oleh

Semakin pesatnya teknologi berkembang saat ini, menjadikan internet bagai makanan yang menjadi kebutuhan sehari-hari. Misalnya saja untuk beraktivitas di sosial media, mendownload, streaming, bermain game, dan lainya tentu membutuhkan koneksi internet.

Nah, ketika kamu mendownload sesuatu di internet tentu tidak akan asing lagi dengan IDM. Internet download manager atau yang lebih dikenal dengan IDM, merupakan software (perangkat lunak) yang biasa digunakan untuk mendownload atau mengunduh file dan data yang ada di internet.

Software ini banyak dipakai karena kecepatan download (pengunduhan data) yang terbilang cepat. Namun, disamping itu, terkadang ada pengguna yang belum bisa memasang ekstensi IDM yang terinstal ke browser yang mereka gunakan, seperti Mozilla Firefox.

Cara Memasang IDM ke Mozila Firefox

Berbicara mengenai cara memasang IDM ke Mozilla Firefox tentu kurang lengkap jika kamu belum mengetahui terlebih dahulu pengertian browser tersebut. Mozilla Firefox merupakan peramban web atau web browser yang bersifat open source dan bisa digunakan pada beberapa jenis sistem operasi,

Mozilla Firefox bisa diakses pasa operasi sistem Windows, Mac OS, Linux, DOS dan Unix. Firefox menjadi web yang laris selain Google Chrome atau Opera. Hal ini didasarkan pada kecepatan akses dan keamanannya yang baik serta tampilan antarmukanya terbilang sederhana.

Nah, karena tampilan Firefox terbilang sederhana, jadi ketika kamu ingin memasang IDM (Internet Download Manager) ke dalamnya tentu tidak akan kesulitan. Untuk melakukannya, silakan simak artikel ini sampai selesai, karena kami akan memberikan tips-tips yang bisa kamu terapkan.

Tambahkan IDM Secara Manual

Tips pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menambahkan IDM secara manual, yaitu dengan cara mengatur file integrasi yang terdapat pada folder IDM. Hal ini dikarenakan ekstensi dari software tesebut tidak bisa diintegrasi secara otomatis di Mozilla Firefox.

Disamping itu, cara ini cocok digunakan untuk mengintegrasi IDM ke Firefox yang tidak saling mendukung versinya, atau versinya tidak update. nah, untuk melakukkannya silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pertama-tama silakan buka terlebih dahulu Windows Explorer dengan menekan tombol kombinasi Windows + E.
  2. Lalu, bukalah folder instalasi IDM, ditempat kamu meletakkan file instalasi sebelumnya.
  3. Biasanya terletak di folder C:>Program Files (x86)>Internet Download Manager.
  4. Jika sudah, carilah file idmmzcc.xpi atau ismmzcc.xpi.
  5. Setelah itu, silakan minimize File Explorer kemudian buka Mozilla Firefox, lalu pada menu Tools silakan klik tombol Add Ons.
  6. Untuk lebih mudahnya bisa dengan menekan tombol kombinasi Ctrl + Shift + A.
  7. Selanjutnya masuklah ke File Explorere kembali, lalu klik (tahan) file idmmzcc.xpi atau ismmzcc.xpi.
  8. Drag file tersebut ke Firefox guna untuk menambahkan IDM ke Firefox.
  9. Jika sudah akan muncul notifikasi, klik saja pada opsi Install.
  10. Terakhir Restart Mozilla Firefox, maka kamu telah berhasil menambahkan IDM ke Firefox.

Tambahkan Melalui Addon

Cara yang kedua ini dapat dikatakan lebih gampang dibandingkan dengan cara yang pertama. Karena dengan melalui addon Firefox, maka internet download manager dapat terdeteksi dan akan ditambahkan pada Mozilla Firefox secara otomatis.

Jadi, Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memasang IDM ke Firefox otomatis:

  1. Langkah pertama, silakan kamu kunjungi website resmi Getidmcc melalui link ini.
  2. Kemudian klik Install Addon untuk mulai mengunduh.
  3. Setelah itu, akan muncul notifikasi untuk melakukan instalasi.
  4. Silakan kamu ikuti saja langkah-langkah yang tertera untuk lanjut menginstal.
  5. Setelah selesai, ekstensi IDM akan ditambahkan otomatis.
  6. Sebelum kamu menggunakannya, silakan restart Firefox terlebih dahulu.
  7. Selesai.

Cara ini mudah bukan? Tapi perlu kamu catat, apabila kamu mengupdate Firefox ke versi yang terbaru maka kamu harus menginstal Addon kembali yang sesuai dengan versi Firefox kamu. Kamu bisa mengulangi cara diatas untuk memasang IDM-nya.

Update IDM dan Mozilla Firefox

Tips yang ketiga ini boleh kamu coba, jika kamu sudah melakukan kedua cara di atas, namun IDM belum bisa ditambahkan di Mozilla Firefox. Kamu mungkin harus mengupdate IDM dan Mozilla Firefox ke versi yang terbaru agar keduanya bisa kompatibel.

Cara update IDM (internet download manager) :

  1. Pertama, silakan buka ikon atau shortcut internet download manager (IDM) di Taskbar Windows.
  2. Setelah itu, klik opsi Help di sebelah atas.
  3. Selanjutnya klik Check For Update.
  4. Tunggu sesaat sampai proses checking selesai.
  5. Jika muncul perintah atau notifikasi pembaruan, silakan lakukan pembaruan dengan mengikuti langkah-langkah yang tertera pada layar.
  6. Selesai.

Cara update Mozilla Firefox:

  1. Buka browser Mozilla Firefox.
  2. Setelah itu, silakan klik titik tiga yang ada di pojok halaman Firefox.
  3. Kemudian pilih menu Help lalu klik About Firefox.
  4. Setelah jendela tersebut terbuka, maka Firefox akan memulai mencari pembaruan versi dan akan mengunduhnya secara otomatis.
  5. Namun, jika unduhan tidak dapat dimulai otomatis, kamu dapat klik tombol download setelah versi terbaru muncul.
  6. Setelah selesai, silakan restart Firefox untuk menerapkan update yang baru saja diselesaikan dengan klik opsi Restart to update Firefox.
  7. Selesai, sekarang Mozilla Firefox sudah diupdate.

Reinstal Internet Download Manager

Ada tips terakhir yang dapat kamu coba, namun dengan catatan jika kamu telah melakukan cara-cara diatas namun internet dowload manager belum bisa ditambahkan di Mozilla Firefox. Tipsnya yakni dengan melakukan reinstall atau instal ulang internet download manager.

Mengapa harus demikian? Hal ini didasarkan pada internet download manager yang sudah terinstal mengalami bug, sehingga harus kamu ganti dengan reinstal IDM.

Berikut caranya:

  1. Pertama, silakan buka Control Panel.
  2. Setelah itu, masuk ke Program and Features.
  3. Disini, silakan cari internet download manager (IDM).
  4. Jika sudah, silakan klik kanan kemudian klik Uninstall / Change.
  5. Selanjutnya akan muncul tab Select Uninstall Method, silakan pilih Full agar IDM dapat di-remove sampai bersih.
  6. Klik Next dan ikuti petunjuknya.
  7. Setelah itu tunggu prosesnya uninstal sampai selesai.

Nah, yang selanjutnya kamu perlu mendownload lagi IDM melalui internet, disarankan jangan menginstal lagi file IDM yang sudah kamu download sebelumnya yang masih tersimpan di komputer atau laptop kamu. Karena ditakutkan kalau file-file tersebut ada yang corrupt atau error.

Jadi silakan download ulang melalui internet, kemudian instal sesuai prosedur. Pastikan juga kalau kamu mendownload dan menginstal semua file yang dibutuhkan. Selanjutnya, kamu bisa mempraktikkan cara nomor 2 untuk menambahkan IDM ke Firefox.

Baca juga Cara Mengaktifkan IDM di Google Chrome

Akhir Kata

Mungkin sekian dulu artikel dari kami mengenai cara memasang IDM (Internet Download Manager) ke Firefox. Pada dasarnya menambahkan IDM ini tidaklah sulit, namun terkadang error yang ada didalamnya yang membuat kamu kesulitan mengaktifkan IDM.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu yang kesulitan ketika ingin menambahkan IDM ke Firefox.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *