Cara Melanjutkan Download IDM yang Gagal (100% Berhasil)

  • oleh

Tidak bisa dipungkiri bahwa internet download manager (IDM) saat ini menjadi software download data di internet yang sangat populer dan banyak sekali penggunanya. Alasan kebanyakan orang memilih software ini adalah karena kecepatan download (pengunduhan data) yang terbilang cepat.

Disamping itu IDM juga mempunyai kelebihan untuk resume atau melanjutkan kembali file atau data unduhan yang sebelumnya terputus. Maka dengan begini kamu tidak perlu khawatir ketika terjadi masalah pada file download yang tiba-tiba berhenti.

Namun ternyata, kebanyakan penggunanya belum mengetahui cara melanjutkan download IDM yang gagal atau terputus, dan perlu panduan untuk melakukannya. Nah, buat kamu yang membutuhkan panduan tersebut, silakan simak artikel ini sampai selesai, karena kami akan memaparkannya secara cukup rinci.

Cara Melanjutkan Download IDM yang Gagal

Terkadang ada orang yang ketika mendownload sesuatu menggunakan IDM suka nyicil dari sedikit demi sedikit, entah alasannya karena kouta atau karena tidak ada waktu untuk menunggu proses download sesesai. Karena itulah untuk menyelesaikan download tersebut kamu perlu melanjutkan download yang sebelumnya dihentikan.

Namun, tidak semuanya proses resume download bisa berjalan lancar, karena terkadang melanjutkan download IDM juga tidak bisa dilakukan karena sesi download telah habis. Tapi tak perlu khawatir, karena disini kami akan memberikan metode melanjutkan download IDM yang terbukti 100% work.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk melanjutkan download di IDM yang gagal adalah dengan melakukan copy URL atau link address. Ketika kamu mengunduh file pastinya kamu akan mendapatkan URL dari server yang menuju file unduhan tersebut.

Biasanya link atau URL tersebut memiliki sesi terbatas, dan bila sudah expired maka download IDM tidak bisa kamu lanjutkan jika kamu tidak mengganti URL yang sudah expired tersebut.

Nah, berikut langkah-langkah melakukannya:

  1. Pertama, silakan buka IDM lalu carilah file download yang akan kamu lanjutkan dengan klik Unfinished.
  2. Kemudian klik kanan pada file tersebut lalu klik Properties.
  3. Buka kolom Refere kemudian lakukan Select All pada URL tersebut lalu copy.
  4. Selanjutnya, silakan tempel atau paste URL tersebut ke browser yang kamu gunakan dan pergi ke alamat tersebut. Maka dengan begini secara otomatis kamu akan diarahkan ke halaman unduhan/download file tadi.
  5. Download ulang file tersebut dengan cara copy semua URL file download tersebut lalu paste-kan di Properties File.
  6. Pastikan kamu menempelkan/paste URL tersebut di bagian Address.
  7. Setelah itu, silakan klik OK dan sekarang cobalah download ulang file tersebut, maka proses download akan dilanjutkan dan akan berjalan normal.
  8. Selesai.

Cara di atas biasanya digunakan untuk proses download di IDM yang terputus, namun terkadang pada beberapa kasus cara tersebut tidak bekerja dan malah ada notifikasi Downloading owner webpage to refresh link address.

Jika kamu mengalami hal tersebut, maka silakan ulangi langkah di atas dan pada langkah nomor 5 silakan kamu pilih opsi Start. Tapi proses download akan dimulai dari awal buka melanjutkan yang sebelumnya. Nah, jika tidak ingin melakukan hal ini, silakan lanjut ke metode di bawah.

Refresh Download Address

Metode selanjutnya yang bisa kamu terapkan untuk melanjutkan download IDM yang gagal adalah dengan me-refresh download address file. Cara ini juga bisa menjadi alternatif jika kamu telah mencoba cara pertama namun belum bisa melanjutkan download di IDM.

Untuk cara melakukannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, silakan buka IDM lalu carilah file download yang akan kamu lanjutkan dengan klik Unfinished.
  2. Kemudian klik kanan pada file tersebut lalu klik Refresh download address.
  3. Jika sudah maka akan muncul notifikasi peringatan, silakan kamu klik OK.
  4. Selanjutnya kamu akan menemukan jendela baru “IDM is waiting”, jangan skip atau close jendela ini (biarkan saja).
  5. Setelah itu kamu akan dibawa ke browser secara otomatis dan akan menuju halaman URL download file tersebut.
  6. Pada tahap ini, silakan kamu download file tersebut, lalu akan muncul pesan “Is this the new address for your expired download?” Silakan klik saja YES.
  7. Setelah itu akan muncul jendela baru, silakan klik OK dan coba lanjut download file yang gagal tadi.
  8. Selesai.

Penyebab & Solusi Resume Download IDM Tidak Berjalan

Ternyata ada sedikit kasus yang membuat proses melanjutkan/resume download IDM tidak bisa berjalan, walaupun kamu sudah mencoba menggunakan cara-cara yang sudah kami paparkan di atas. Jika kamu sedang mengalami hal ini, yuk simak penyebab dan solusi untuk resume download tidak jalan.

Penyebab

Belum selesai sampai disitu, kamu sepertinya harus tahu penyebab-penyebab file yang kamu download tidak bisa dilanjut. Untuk penyebabnya ada beberapa dan biasanya disebabkan oleh file yang diunduh corrupt, kehabisan sesi/file download terlalu expired, dan server tidak mempunyai resume capability.

Solusi

Jika kamu mendapati masalah file download tidak bisa dilanjutkan, tentunya kamu perlu mengatasinya jika tidak ingin mengunduh dari awal lagi file tersebut. Entah karena alasan tidak mau menunggu lama karena ukuran file yang terlalu besar, atau karena mungkin kehabisan kouta.

Untuk solusinya disini kami akan membagikan 2 cara, yakni dengan stop/cancel proses download dan mengatur resume capability. Nah, berikut kedua cara melakukannya:

Stop/Cancel Proses Download

  1. Pertama, silakan kamu stop/cancel proses download filenya terlebih dahulu.
  2. Kemudian buka Options ( berada di bagian atas).
  3. Setelah itu silakan klik tab Connections.
  4. Lalu ubahlah Default max con. number menjadi 1.
  5. Selanjutnya download lagi file yang tadi kamu stop/cancel.
  6. Jika sudah selesai, silakan ubah lagi default max con. number ke atau 16.
  7. Cara ini terbukti berhasil, namun dengan catatan proses download akan lebih lambat dari biasanya.

Atur Resume Capability

  1. Pertama, silakan hentikan terlebih dahulu proses download file.
  2. Kemudian klik kanan pada file yang masih dalam proses download tersebut lalu silakan klik Properties.
  3. Setelah itu pada kolom Address carilah dan hapus ?start=0. Misalnya terdapat file unduhan IDM.zip?start=0 maka silakan ubah menjadi IDM.zip.
  4. Dengan begini maka resume download file teresebut beserta Resume Capability telah berhasil kamu atur dari No menjadi YES.
  5. Selesai.

Akhir Kata

Demikianlah artikel yang dapat kami bagikan pada kesempatan ini mengenai cara melanjutkan dowload IDM yang gagal. Silakan kamu ikuti saja metode yang sudah kami tuliskan di atas untuk melanjutkan download IDM dan disamping itu cara di atas juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi download IDM 0 bytes.

Silakan kamu praktikkan sendiri cara-cara tersebut, namun terkadang pada beberapa kasus gampang-gampang susah untuk mengatasinya sehingga membuat kamu harus mengulang dari 0 lagi. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *