Cara Downgrade Paket IndiHome Termudah dan Terbaru 2021

Semakin tinggi paket IndiHome yang diambil, tentu akan semakin cepat kecepatan yang kamu dapatkan. Hal tersebut juga berbanding lurus dengan biaya yang harus kamu bayarkan, yang berarti juga semakin mahal.

Jika kamu merasa biaya yang kamu keluarkan terlalu tinggi, apalagi jika penggunaan IndiHome di rumah tidak terlalu maksimal (jarang digunakan), ada baiknya kamu melakukan downgrade paket IndiHome.

Setidaknya terdapat 4 cara berbeda yang bisa kamu lakukan untuk melakukan downgrade pada paket IndiHome yang sedang kamu gunakan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Melalui Call Center IndiHome 147
  • Datang ke Plasa Telkom
  • Melalui email
  • Melalui sosial media

Untuk lebih detailnya lagi, silahkan simak penjelasan yang sudah kami tuliskan di bawah ini. Namun sebelum itu, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa ada 2 jenis downgrade yang berbeda, yaitu:

  1. Downgrade paket kecepatan internet IndiHome menjadi paket dengan kecepatan di bawahnya. Misalnya downgrade IndiHome 20 Mbps menjadi 10 Mbpas.
  2. Downgrade fitur atau add-on. Contohnya yaitu dari paket Internet + TV menjadi Internet saja.

Cara Downgrade Paket IndiHome 2021

Untuk kamu yang sudah tidak sabar lagi ingin mengganti paket IndiHome, berikut ini akan kami jelaskan mengenai 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan downgrade paket IndiHome.

Melalui Customer Service 147

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menghubungi pihak call center atau customer service resmi dari IndiHome. Untuk nomor call center resmi IndiHome yaitu 147.

Berikut beberapa hal yang harus kamu lakukan saat akan menurunkan paket IndiHome melalui telepon 147:

  1. Lakukan panggilan telepon ke nomor +147 melalui menu Panggilan.
  2. Setelah kamu berhasil tersambung dengan customer service IndiHome, silahkan jelaskan bahwa kamu akan melakukan downgrade paket yang kamu gunakan.
  3. Pihak customer service akan meminta kamu untuk menyebutkan nama dan nomor langganan IndiHome kamu, silahkan sebutkan nomor layanan IndiHome dan nama yang terdaftar.
  4. Setelah itu, biasanya kamu akan diminta untuk menjelaskan kenapa ingin melakukan downgrade.
  5. Jika alasan tersebut masuk akal dan bisa diterima oleh pihak IndiHome, maka proses downgrade akan dilakukan.

Proses downgrade paket IndiHome melalui 147 biasanya akan dilakukan secara langsung, namun kadang juga akan memakan waktu yang cukup lama.

Mendatangi Plasa Telkom Terdekat

Customer Service IndiHome from tekno kompas

Jika proses downgrade paket IndiHome melalui call center 147 tidak segera diproses, sebaiknya langsung saja lakukan proses tersebut dengan mendatangi kantor plasa Telkom yang ada di kota kamu.

Untuk bisa melakukan proses downgrade atau mengubah paket IndiHome melalui kantor plasa Telkom, ada beberapa syarat khusus yang harus kamu persiapkan agar nantinya proses downgrade bisa langsung dilakukan:

  • Siapkan nomor langganan IndiHome kamu.
  • Bawa kartu identitas seperti KTP atau SIM.
  • Siapkan juga fotocopy kartu identitas kamu (untuk berjaga-jaga).
  • Siapkan beberapa lembar materai 6.000.
  • Bawa uang secukupnya (untuk berjaga-jaga).

Setelah semua kebutuhan di atas kamu persiapkan, silahkan lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk mengganti paket IndiHome secara langsung di kantor Plasa Telkom terdekat di kota kamu.

  1. Siapkan semua kebutuhan di atas dan pergi ke kantor Plasa Telkom di kota kamu.
  2. Jika sudah sampai disana, ambil nomor antrian.
  3. Silahkan antri seperti biasa hingga nomor antrian kamu dipanggil.
  4. Jika sudah mendapatkan giliran, silahkan datangi pihak customer service lalu jelaskan keperluan kamu untuk melakukan downgrade paket IndiHome.
  5. Setelah itu, silahkan serahkan semua berkas yang sudah kamu siapkan sebelumnya.
  6. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengikuti semua panduan dari pihak customer service.

Setelah kamu melakukan semua langkah di atas, biasanya permintaan downgrade kamu akan disetujui dan akan langsung diproses. Kamu hanya perlu pulang kerumah dan menunggu proses pergantian paket selesai dilakukan.

Jika kamu melakukan proses downgrade paket dari Internet + TV menjadi Internet saja, biasanya beberapa hari kedepan akan ada teknisi dari pihak Telkom IndiHome yang akan mengambil alat STB di rumah kamu.

Mengirim Email ke Telkom

Semua email yang diterima oleh Telkom pasti akan diproses. Jadi dengan begitu kamu bisa mengajukan downgrade paket IndiHome dengan mengirimkan sebuah pesan email ke telkom.

Cara melakukannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu mengirim email berisi permintaan untuk downgrade paket IndiHome lalu kirimkan ke customercare@telkom.co.id. Jangan lupa sertakan nomor pelanggan IndiHome.

Permohonan downgrade melalui email biasanya akan diproses dan disetujui kurang lebih 3-7 hari setelah kamu mengirimkan email tersebut. Sedikit tips dari kami, sebaiknya kirim email tersebut saat jam kerja.

Melalui Media Sosial Facebook

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk meminta mengganti paket IndiHome adalah dengan menghubungi pihak Telkom Care melalui akun Facebook resmi yang mereka miliki.

Berikut cara melakukannya:

  1. Buka halaman Facebook resmi IndiHome yaitu @telkomcare.
  2. Jika sudah, silahkan kirimkan pesan ke Telkom Care IndiHome bahwa kamu ingin melakukan downgrade paket.
  3. Jangan lupa juga untuk menyertakan nomor ID IndiHome dan alasan kamu melakukan downgrade paket.
  4. Setelah itu, silahkan tentukan jenis paket yang akan kamu gunakan.
  5. Jika permintaan kamu diterima, maka CS akan melakukan proses downgrade.

Proses downgrade paket IndiHome melalui Facebook biasanya akan dilakukan kurang dari 24 jam, asalkan kamu mengirimkan pesan untuk mengganti paket IndiHome pada saat jam kerja.

Baca juga Cara Upgrade Speed IndiHome

Bagaimana mudah bukan? Silahkan pilih salah satu dari 4 cara downgrade paket IndiHome di atas. Namun kami menyarankan untuk menggunakan cara nomor 2, yaitu dengan mengunjungi Plasa Telkom secara langsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *