Cara Convert MBR ke GPT Tanpa Kehilangan Data di Windows

  • oleh

Master Boot Record (MBR) merupakan arsitektur disk part yang memiliki fungsi memegang informasi file sistem, pengaturan sistem, dan ligical partition. Salah satu fungsi MBR yang kerap terlihat ialah saat booting komputer, karena sat booting partisi Master Boot Recor akan mencari dimana lokasi keberadaan boot sector.

Sedangkan GUID Partition Table atau GPT ialah teknologi partisi disk generasi terbaru yang menggantikan MBR. GUID Partition Table sendiri merupakan teknologi pada UEFI BIOS di generasi paling baru, yang lebih lengkap dan canggih.

Nah, ketika kamu menginstal Windows 10, kamu wajib mengganti MBR ke GPT, dikarenakan GPT adalah teknologi yang ada di UEFI BIOS terbaru yang tentu lebih lengkap dan lebih canggih. Jadi, dengan ini laptop atau komputer yang masih menggunakan GPT harus diganti dengan UEFI.

Beberapa Kenggulan Menggunakan GPT

Sebenarnya ada banyak kelebihan GPT dibandingkan MBR, karena pada dasarnya GPT bisa dianggap sebagai penyempurna MBR. Berikut beberapa keunggulan GPT:

  1. GPT dapat menampung hingga 128 primary partition, sedangkan MBR hanya bisa 4 primary partition saja.
  2. Kapasitas disk partisi MBR maksimal 2 TB saja. Nah, sedangkan GPT memiliki kapasitas maksimal 9,44 ZB (1 ZB = 1 juta TB).
  3. MBR hanya dapat memakai 1 partisi saja yang difungsikan untuk menyimpan file operasi sistem. Sedangkan partisi GPT, bisa lebih dari satu partisi untuk sistem operasi.
  4. Kecepatan booting disk GPT jauh lebih cepat jika dibandingkan disk MBR.
  5. Bahasa pada disk GPT sudah menggunakan C-language, sedangkan untuk hardisk MBR masih memakai bahasa Assembler.
  6. Dan lain sebagainya.

Nah, karena kamu sudah tahu keunggulan GPT dibandingkan MBR tentu kamu tidak perlu berpikir panjang untuk mengganti MBR ke GPT. Nah untuk mengganti atau convert MBR ke GPT akan kami berikan carannya pada ulasan di bawah ini.

Cara Convert MBR ke GPT di Windows

Sebelumnya kamu perlu memastikan motherboard yang kamu gunakan sudah mendukung UEFI, karena jika motherboard hanya mendukung legacy BIOS maka tidak akan bisa mengganti disk GPT sebagai boot drive. Jadi, sebelum kamu mengonversi MBR ke GPT lebih baik pastikan hal diatas terlebih dulu.

Cara convert MBR ke GPT sebenarnya tidaklah sulit, kamu juga bisa melakukannya tanpa kehilangan data yang sudah tersimpan pada harddisk. Lalu, caranya bagaimana? Silakan kamu simak cara-caranya di bawah ini.

Catatan: Kami sarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu sebelum eksekusi ke langkah-langkahnya. Walaupun proses covert bisa selesai tanpa mengorbankan data (data hilang), tapi tidak ada jaminan akan semulus itu. Jadi lebih baik backup data terlebih dahulu ke tempat yang aman.

Menggunakan Gptgen

Cara pertama bisa kamu coba untuk convert MBR ke GPT tanpa harus kehilangan data, yakni dengan menggunakan utilitas perintah baris yang bernama gptgen. Alat secara non destruktif dapat mengubah disk partisi ke dalam skema GPT “GUID” atau ke MBR “MSDOS-style”.

Alat ini cukup ekstensif, tapi agak rumit dijalankan, jadi kamu harus mengikuti langkah-langkah dibawah:

  1. Pertama-tama pastikan kamu sudah memiliki utilitas Gptgen. Jika belum kamu bisa download disini.
  2. Setelah itu instal program tersebut seperti biasa.
  3. Jika sudah, silakan tekan tombol kombinasi Windows + R untuk membuka jendela Run.
  4. Setelah itu, ketik CMD pada bagian Open.
  5. Silakan masukkan alamat folder instalasi Gptgen yang tadi sudah kamu instal. Contoh format penulisannya adalah cd c:Users\<username>\Desktop\Stuff\File\gptgen-1.1 lalu Enter.
  6. Kamu bisa menuliskan alamatnya dimulai dari tempat penyimpanan folder Gptgen, seperti contoh di atas adalah pada direktori c. Sedangkan cd merupakan kode tambahan saja.
  7. Selanjutnya, silakan jalankan perintah list disk, dengan mengetik perintah gptgen.exe -w \\. \\physicaldriveX kemudian Enter.
  8. Tanda X pada huruf perintah terakhir menunjukkan disk (pada opsi list disk) yang ingin kamu convert ke GPT.
  9. Setelah itu perintah akan mulai dijalankan, jika ada notifikasi peringatan klik lanjutkan saja.
  10. Selesai, kamu telah berhasil mengubah MBR ke GPT.

Gunakan Diskpart Utility

Disk part merupakan salah satu utilitas command line yang cukup powerful. Dengan menggunakan disk part kamu bisa mengelola partisi, storage devices, format disk, dan bisa juga untuk melakukan convert MBR ke GPT dengan mudah. Namun, cara yang kedua ini biasanya akan menghapus data disk, jadi lakukan backup terlebih dahulu.

Nah, untuk melakukannya silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, silakan buka Command Prompt.
  2. Kamu bisa mencarinya pada kolom pencarian Windows.
  3. Setelah kamu buka Command Prompt, silakan ketik perintah diskpart lalu Enter.
  4. Selanjutnya, masukkan perintah list disk kemudian tekan Enter lagi.
  5. Jika sudah maka akan muncul beberapa disk yang tercantum di utilitas, silakan pilih partisi disk yang ingin kamu convert dengan menggunakan perintah select disk X dan Enter.
  6. Tanda X pada huruf perintah terakhir menunjukkan disk yang ingin kamu convert ke GPT.
  7. Kemudian ketik convert GPT kemudian tekan Enter. Tunggulah sesaat agar perintah dijalankan.
  8. Namun jika belum bisa, berarti kemu harus membersihkan disk tersebut. Untuk melakukannya silakan ketik clean lalu tekan Enter.
  9. Selanjutnya, ulangi langkah nomor 7.
  10. Selesai.

Melalui Disk Management

Disk Management ialah tool internal Windows yang berfungsi melakukan settings konfigurasi pada hard disk, SSD, Flashdisk dan disk sejenisnya. Disamping itu Disk Management juga dapat digunakan untuk mengatur luas atau ukuran sebuah partisi, menentukan huruf disk drive, mengubah huruf disk drive, dan membuat VHD.

Namun, pada kesempatan ini, kita akan menggunakan Disk Management untuk covert MBR ke GPT. Sebelum ke langkah-langkah melakukannya, kami ingatkan kembali untuk mencadangkan file penting yang tersimpan pada partisi yang ingin di convert.

Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah untuk melakukannya:

  1. Pertama, silakan buka kolom pencarian Windows.
  2. Setelah itu ketikkan This PC.
  3. Selanjutnya, pilih opsi Manage.
  4. Jika sudah maka akan muncul menu manage, silakan kamu pilih Disk Management.
  5. Setelah itu, klik kanan di bagian disk yang ingin kamu convert.
  6. Kemudian pilih Delete Volume untuk membersihkan penyimpanan tersebut.
  7. Jika sudah, silakan klik kanan lagi pada disk tadi yang kamu pilih, lalu pilih Convert to GPT disk.
  8. Terakhir, ikuti saja langkah selanjutnya yang akan muncul.
  9. Selesai.

Menggunakan Software Tambahan

Cara kedua dan ketiga memungkinkan kamu kehilangan data ketika melakukan convert menggunakan cara tersebut. Namun pada cara yang terakhir ini tentu berbeda, jika kamu convert MBR ke GPT menggunakan software tambahan, maka kamu tidak akan kehilangan data.

Salah satu software yang kami rekomendasikan untuk melakukan hal tersebut adalah EaseUS Partition Master. Software ini sekarang banyak dipakai untuk hal tersebut, karena sofware ini mudah digunakan.

Berikut cara convert MBR ke GPT menggunakan EaseUS Partition Master:

  1. Pertama silakan download dan instal terlebih dahulu aplikasi EaseUS Partition Master.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi tersebut.
  3. Setelah kamu masuk ke halaman utama aplikasi EaseUS silakan cari disk yang ingin kamu ubah, lalu klik kanan.
  4. Silakan pilih opsi Convert MBR to GPT.
  5. Jika sudah, klik Apply di atas sebelah kiri, lalu klik opsi Yes.
  6. Setelah itu proses convert MBR ke GPT akan dimulai, silakan tunggu saja sampai proses tersebut selesai.

Akhir Kata

Mungkin cukup sekian artikel yang dapat kami bagikan mengenai cara convert MBR ke GPT tanpa kehilangan data. Silakan kamu pilih cara diatas sesuai yang kamu inginkan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu yang sedang mencari cara untuk convert MBR ke GPT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *