Cara Cek Kesehatan Harddisk PC dan Laptop dengan Mudah

  • oleh

Harddisk merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah komputer atau laptop. Perangkat keras ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder pada komputer atau laptop yang kamu gunakan.

Harddisk dapat dianggap sebagai komponen penting karena harddisk digunakan sebagai tempat file system dan aplikasi, harddisk juga mejadi tempat penyimpanan sebagian besar file penting kamu, mulai dari dokumen, foto, video, dan lainnya.

Nilai utama perangkat ini ada pada data yang tersimpan. Harddisk bersifat non-volatile memory, yang artinya data yang terdapat dalam harddisk tidak akan hilang meski komputer atau laptop dimatikan.

Cara Cek Kesehatan Harddisk di Windows

Sebuah komputer atau laptop biasanya sudah dibekali dengan harddisk bawaan dengan ukuran yang berbeda-beda, biasanya dihitung dalam GB atau TB. Selain itu, pengguna juga bisa mengganti, menambahkan harddisk sendiri jika dibutuhkan.

Masa pakai sebuah harddisk bisa berbeda-beda tergantung pemakaian, kualitas produk, perawatan harddisk dan lainnya. Selain itu, harddisk juga bisa cepat rusak jika mengalami cacat produksi dari pabrikan.

Lalu bisakah kita mengecek kesehatan harddisk komputer atau laptop kita? Jawabannya adalah tentu saja bisa. Mengecek harddisk bisa kamu lakukan dengan membaca data yang disampaikan sistem, tanpa harus membongkarnya.

Untuk itu, kamu perlu sesekali cek kesehatan hardisk, guna meminimalisir kerusakan dan juga kamu dapat bersiap menghadapi kemungkinan terburuk yang akan terjadi seperti missing operating system sehingga laptop tidak bisa masuk Windows.

Nah, di bawah ini kami telah membagikan cara mudah cek kesehatan harddisk di PC dan laptop.

Menggunakan Windows CHKDSK Tool

Windows CHKDSK Tool berfungsi untuk memindai dan menemukan kesalahan sistem dan sektor yang buruk, serta dapat menunjukkan masalah lain pada harddisk. tool ini merupakan bawaan dari Windows, jadi kamu tidak perlu mengunduhnya terlebih dulu.

Tool Windows CHKDSK ini dapat juga memperbaiki masalah yang dapat diperbaiki, serta akan memberitahu kamu apabila terdapat masalah yang lebih besar yang tidak dapat diperbaiki.

Berikut cara cek kesehatan harddisk menggunakan Windows CHKDSK Tool:

  1. Klik kanan pada menu start, kemudian pilih File Explorer.
  2. Pilih drive yang ingin kamu periksa, kemudian klik kanan.
  3. Setelah itu pilih Properties.
  4. Setelah muncul tab baru, silahkan pilih Tools, dan klik tombol Check now.
  5. Setelah itu akan muncul tab, lalu klik Scan drive dan tunggu beberapa saat.
  6. Maka akan muncul dialog dengan dua opsi, yaitu untuk memperbaiki kesalahan dan memindai bad sector.
  7. Centang kedua opsi tersebut untuk memperbaiki dan kesalahan bad sector. Namun, jika ingin cek kesehatan harddisk saja kamu bisa langsuk klik Start.

Melalui Command Prompt

Command Prompt atau CMD adalah jendela pada Windows yang berfungsi untuk melakukan banyak tugas administratif. Dimana CMD ini yang mengesekusi setiap perintah yang diberikan oleh pengguna untuk mengetahui sistem yang ada pada Windows.

Berikut cara cek kesehatan harddisk melalui CMD:

  1. Tekan tombol Win+R untuk membuka dialog Run.
  2. Pada opsi open, silahkan ketik cmd dan klik OK untuk membuka command prompt.
  3. Ketik chkdsk d: (d adalah huruf drive yang ingin diperiksa, kamu dapat menggantinya dengan yang lain).
  4. Tunggu hasilnya dan perhatikan di kolom Bad sectors terkait adanya masalah.
  5. Selesai.

Menggunakan Harddisk Sentinel

Harddisk Sentinel adalah perangkat lunak pemantauan harddisk drive komputer untuk sistem operasi Windows, Linux dan DOS. Dengan ini kamu bisa melakukan monitoring harddisk dan mengatur settings yang berhubungan dengan drive.

Dibawah ini cara cek kesehatan harddisk menggunakan Harddisk Sentinel:

  1. Download dan instal harddisk Sentinel terlebih dahulu. Kamu bisa download disini.
  2. Jika sudah kamu instal aplikasinya, dan silahkan dibuka.
  3. Untuk cek kesehatan harddisk yang kamu pakai, silahkan klik menu Overview yang ada di pojok kiri atas dan lihat bagian Health.
  4. Kalau kamu memakai lebih dari satu harddisk, maka bisa klik terlebih dulu pada disk yang ingin kamu cek.
  5. Selesai.

Seperti gambar di atas, ketika health hardisk sudah 99% ke bawah, alangkah baiknya untuk segera jaga-jaga dengan backup file yang ada. Takutnya kalau tiba-tiba harddisk rusak dan data tidak bisa diselamatkan lagi malah jadi repot.

Lain halnya dengan SSD, walaupun sudah 99% ke bawah performa dan kesehatannya tetap masih bagus, jadi belum terlalu dikhawatirkan.

Optimalkan dan Defrag Windows 10

Selanjutnya, cara mengecek harddisk laptop atau komputer bisa kamu coba dengan mengoptimalkan dan men-defrag harddisk. Apabila HDD kamu terasa lambat dari biasanya, silahkan kamu periksa sudah berapa terfragmentasi hardisk yang kamu gunakan.

Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan defrag tool bawaan Windows 10. Berikut caranya:

  1. Pada kolom pencarian di menu Start, silahkan kamu ketik Defrag.
  2. Setelah itu akan muncul Defragment and Optimise Drives. Klik dua kali untuk membuka.
  3. Silakan pilih drive yang ingin kamu periksa dan klik Analyse.
  4. Jika fragmentasi terdeteksi, klik Optimise.

Menggunakan Crystal Disk Info

CrsytalDiskInfo adalah aplikasi gratis untuk memantau kondisi harddisk secara detail hingga spesifikasinya. Aplikasi ini dapat memberitahu kamu kecepatan, RPM, memantau temperatur, dan tentu untuk mengecek kesehatan harddisk.

  1. Pertama silahkan download CrystalDiskInfo terlebih dulu disini.
  2. Ekstrak file aplikasi yang sudah kamu download, lalu instal CrystalDiskInfo.
  3. Buka aplikasi CrystalDiskInfo.
  4. Jika sudah silahkan lihat bagian Health Status. Apabila berwarna biru berarti tidak ada masalah, kuning ada sedikit masalah, dan merah ada masalah serius.

Nah, itulah cara cek kesehatan harddisk PC atau laptop, mudah bukan? Semoga dengan artikel ini bisa membantu kamu untuk cek kesehatan harddisk di PC ataupun Laptop. Sekian dari kami dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *