Cara Cek FUP IndiHome (Batas Penggunaan) Terbaru 2021

Meski kamu mengira bahwa internet IndiHome itu unlimited, namun nyatanya IndiHome tetap memberikan batasan penggunaan internet secara wajar yang diberi nama dengan sistem FUP (Fair Usage Policy).

Jadi jika penggunaan internet kamu sudah melebihi batas FUP yang telah ditetapkan oleh IndiHome, maka biasanya kecepatan internet kamu akan melambat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Oleh karena itu, sangat penting untuk rajin melakukan cek FUP IndiHome yang kamu gunakan. Namun sebelum masuk ke cara cek FUP IndiHome, kamu harus mengetahui terlebih dahulu berapa FUP yang ditetapkan pada paket IndiHome kamu.

Batas FUP Internet IndiHome

IndiHome membagi FUP ke dalam 2 tahap berbeda, yaitu FUP 1 dan FUP 2. Jika penggunaan internet telah mencapai batas FUP 1, maka kecepatan internet akan turun 75%, sedangkan untuk FUP 2 akan turun menjadi 40%.

Selain itu, batas pemakaian internet wajar atau FUP pada setiap paket internet IndiHome juga berbeda-beda. Dimana semakin besar kecepatan paket internet IndiHome, akan semakin banyak pula batas pemakaian wajar yang ditetapkan.

Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan simak tabel di bawah ini.

FUP IndiHomeFUP 1FUP 2
IndiHome 10 Mbps200 GB300 GB
IndiHome 20 Mbps500 GB750 GB
IndiHome 30 Mbps600 GB800 GB
IndiHome 40 Mbps900 GB1.600 GB
IndiHome 50 Mbps1.200 GB2.000 GB
IndiHome 100 Mbps1.200 GB2.000 GB
Tabel FUP IndiHome Terbaru

Cara Cek FUP IndiHome

Setelah kamu mengetahui batas penggunaan wajar atau FUP paket internet IndiHome, kini saatnya untuk melakukan cek FUP IndiHome kamu. Untuk melakukannya, kami telah menyiapkan 3 cara yang berbeda.

Melalui Website IndiHome

Cara yang pertama yaitu dengan membuka website resmi dari IndiHome, untuk melakukan cara ini kamu bisa menggunakan perangkat PC atau smartphone, asalkan terhubung dengan internet.

Selain itu, kamu juga harus sudah mempunyai akun IndiHome yang kamu daftarkan baik menggunakan email atau menggunakan nomor telepon, yang mana akun tersebut juga sudah terhubung dengan nomor langganan IndiHome kamu.

Jika kamu sudah memiliki akun tersebut, berikut cara cek FUP atau penggunaan internet IndiHome melalui website resmi IndiHome. Silahkan simak langkah-langkah berikut dengan baik:

  1. Buka browser di perangkat laptop atau HP kamu.
  2. Silahkan kunjungi situs indihome.co.id.
  3. Pilih opsi Masuk lalu login dengan email atau nomor HP yang sudah terdaftar, klik Login.
  4. Tunggu hingga kamu mendapatkan kode OTP untuk login melalui SMS ke nomor yang kamu daftarkan.
  5. Masukkan kode OTP yang sudah kamu dapatkan pada kolom yang tersedia.
  6. Klik tombol Lihat Detail yang terletak di bagian Layanan yang Anda miliki.
  7. Setelah itu klik tulisan Lihat Pemakaian atau Lihat Penggunaan pada bagian Internet.
  8. Akan muncul sebuah pop-up berisi besarnya data yang telah kamu gunakan.

Setelah kamu mendapatkan besarnya kuota yang telah kamu gunakan, kini kamu bisa mencocokkannya dengan batas FUP yang telah ditetapkan oleh IndiHome. Jika kamu telah melibihi batas FUP tersebut, maka wajar jika kecepatan internet kamu turun.

Melalui Aplikasi MyIndiHome

Cara yang kedua yaitu dengan menggunakan aplikasi resmi dari Telkom IndiHome yang bernama MyIndiHome, aplikasi tersebut bisa kamu download melalui Google Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Untuk cara cek FUP menggunakan aplikasi MyIndiHome sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara yang pertama, karena aplikasi tersebut juga memiliki tampilan yang hampir sama dengan website IndiHome. Berikut cara melakukannya:

  1. Download aplikasi MyIndiHome terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, silahkan buka aplikasi MyIndiHome dan lakukan proses Log In.
  3. Jika proses Login sudah berhasil, kamu akan dihadapkan dengan menu utama dari aplikasi tersebut.
  4. Tekan titik tiga yang ada di bagian kotak Internet, lalu pilih Lihat Penggunaan.
  5. Akan muncul popup yang berisi pemakaian kuota dan batas FUP dari paket IndiHome yang kamu gunakan.

Jadi dengan melakukan cek FUP melalui aplikasi MyIndiHome kamu tidak perlu lagi mencocokkan jumlah penggunaan dan batas FUP paket IndiHome kamu, karena disana kamu sudah bisa melihat batas FUP sekaligus periode paket tersebut.

Melalui SMS

Cara terakhir untuk melakukan cek FUP IndiHome yaitu melalui SMS. Meski kamu harus mengeluarkan biaya atau pulsa, namun cara ini sangat cocok untuk kamu gunakan jika jaringan internet IndiHome kamu sedang tidak bisa digunakan.

Untuk melakukannya, silahkan ketik format SMS ISP (spasi) IH (spasi) nomor IndiHome, lalu kirimkan SMS tersebut ke nomor 98108. Untuk biaya yang harus dibayarkan tergantung dengan ketentuan dari provider yang kamu gunakan.

Baca Juga Cara Upgrade Speed IndiHome

Di atas adalah 3 cara cek FUP IndiHome yang bisa kamu lakukan secara online ataupun melalui SMS saja. Silahkan gunakan salah satu dari ketiga cara tersebut yang menurut kamu paling sesuai untuk digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *