Lompat ke konten

Aplikasi Desain Rumah [Arsitek] untuk HP Android

  • oleh

Di Playstore saat ini ada beragam jenis aplikasi dengan peruntukannya masih-masing. Bahkan, aplikasi desain rumah Android pun kini sudah diluncurkan oleh beberapa pengembang.

Dengan aplikasi desain rumah, kamu yang bukan arsitek bisa mendesain rumah dengan sangat mudah. Mulai dari interior dan eksterior, semuanya bisa didesain dengan beberapa ketukan jari saja.

Nah, bagi yang mencari aplikasi desain rumah untuk perangkat Android, di bawah ini akan kami ulas beberapa diantaranya yang masuk kategori terbaik. Kami juga sertakan link download nya sehingga bisa langsung di-install pada smartphone kamu.

Design Home: Play + Save

aplikasi desain rumah android
via Google Play

Aplikasi pertama yang bisa dicoba untuk mengasah kemampuan desain interior rumah adalah Design Home: Play + Save. Disajikan dalam format game, kamu bisa menuangkan kreativitas desain dengan sangat menyenangkan.

Aplikasi ini akan memberikan kamu semacam tantangan desain harian untuk menaikkan level skill desain. Berbagai furnitur penunjang serta gaya dekorasi bisa dipilih sesuka hati guna menghasilkan desain rumah yang cantik.

Aplikasi ini sebenarnya bisa kamu pakai secara gratis. Namun, pengembang juga menyediakan opsi peningkatan level dengan syarat membayar sejumlah uang untuk membeli beberapa item tambahan.

Nama aplikasiDesign Home: Play + Save
PengembangCrowdstar Inc
Rating4,2
Ukuran99 MB
DownloadGoogle Play

Houzz – Home Design & Remodel

software desain rumah android
via Google Play

Aplikasi desain rumah 3D, Houzz, menduduki puncak teratas dalam daftar aplikasi perbaikan rumah terbaik versi New York Time. Sementera CNN, menjuluki aplikasi ini sebagai Wikipedia-nya desan eksterior dan interior.

Houzz menyediakan 20 juta lebih foto interior dan eksterior kualitas tinggi untuk mendukung desain rumah yang kamu buat. Anda bisa pilih foto berdasarkan gaya, ruangan, hingga lokasi.

Yang paling menarik, kamu bisa berkolaborasi dengan 2 juta lebih arsitek yang juga menggunakan Houzz. Lalu, kamu juga bisa berbagi desain rumah dengan teman dan keluarga lewat aplikasi ini.

Nama aplikasiHouzz – Home Design & Remodel
PengembangHouzz Inc.
Rating4,7
Ukuran50 MB
DownloadGoogle Play

Planner 5D – Kreator Desain Interior & Rumah

aplikasi desain rumah apk
via Google Play

20 juta unduhan di Playstore membuktikan bahwa Planner 5D adalah salah satu aplikasi desain rumah terbaik. Dan, kalau yang kamu cari adalah aplikasi yang bisa dipakai secara offline, maka aplikasi inilah jawabannya.

Planner 5D cukup mudah dioperasikan oleh siapapun bahkan bagi kamu yang masih pemula. Kamu bisa membuat desain rumah yang megah mencakup interior dan eksterior dalam bentuk 2D dan 3D.

Untuk rincian fiturnya sendiri, Planner 5D membawa fitur katalog berisi berbagai macam item yang bisa dipakai pada desain kamu. Lalu, fitur lain seperti editor, snapshot, galeri, hingga penampil desain Chromecast juga sudah ada dalam aplikasi ini.

Nama aplikasi
PengembangPlanner 5D
Rating4,3
Ukuran101 MB
DownloadGoogle Play

Room Creator Interior Design

software desain rumah apk
via Google Play

Seperti namanya, aplikasi ini dapat membantu kamu mendesain interior rumah kamu sendiri. Misalkan setelah membeli rumah baru dan kamu bingung mengenai penataan interiornya, kamu bisa simulasikan lewat aplikasi Room Creator Interior Design.

Melalui aplikasi ini, kamu bisa merancang interior ruang pribadi maupun ruang tamu dari nol hingga selesai dengan sangat mudah. Bahkan, pengembang aplikasi ini mengklaim Room Creator bisa menghasilkan desain interior hanya dalam 10 menit.

Saat merancang dasain interior, kamu bisa mengatur dimensi ruangan, membuat pola, memilih warna dinding dan lanti, serta mengisi ruangan dengan berbagai propery. Dan, di akhir kamu bisa membagikan hasil desain kepada pada siapapun.

Nama aplikasiRoom Creator Interior Design
PengembangBrain Vault
Rating3,9
Ukuran72 MB
DownloadGoogle Play

Homestyler – Interior Design & Decorating Ideas

aplikasi desain rumah android offline
via Google Play

Sama dengan Room Creator, Homestyler juga merupakan aplikasi untuk mendasain rumah, khusunya interior. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat berbagai dekorasi ruangan beserta penataan furnitur nya sebelum diterapkan di dunia nyata.

Tidak hanya melakukan percobaan desain dari ide sendiri, kamu juga bisa melihat dan belajar dari ide pengguna lain. Selain itu, kamu juga akan terbantu dengan adanya komunitas pengguna di mana di sana ada banyak tips desain yang dibagikan setiap hari.

Homestyler juga terbuka dalam menerima masukan maupun kritikan dari penggunanya. Bahkan, pengguna diundang untuk memberi ulasan melalui kontak support mereka demi perkembangan aplikasi.

Nama aplikasiHomestyler – Interior Design & Decorating
PengembangTopping Homestyler
Rating3,9
Ukuran65 MB
DownloadGoogle Play

Floor Plan Creator

aplikasi arsitek
via Google Play

Aplikasi ini cocok sekali dipakai untuk membuat denah rumah impian sebelum kamu benar-benar membangunnya. Dengan fitur penampil 3D, kamu bisa leluasa mengukur setiap area dan memilih furnitur yang tepat.

Floor Plan Creator dapat membantu kamu membuat denah lantai yang rinci dan akurat. kamu bahkan tidak perlu ragu menjadikan hasil desain sebagai patokan saat membeli perabotan baru.

Adapun rincian fitur yang terdapat pada aplikasi desan rumah gratis ini diantaranya dukungan mouse dan S-Pen, pemilihan beberapa model lantai, pengukur ruang otomatis, galeri furnitur, sinkronisasi ke media penyimpanan cloud, dan ekspor desain ke format gambar atau PDF.

Nama aplikasiFloor Plan Creator
PengembangMarcin Lewandowski
Rating4,1
UkuranBervariasi
DownloadGoogle Play

Room Planner – Desain Rumah & Interior 3D

aplikasi arsitek android
via Google Play

Room Planner dapat membantu kamu menciptakan desain yang akan dipakai pada proyek renovasi maupun membangun rumah baru. Aplikasi ini bisa diandalkan guna mendapat inspirasi desain lantai, ruang tamu, kamar mandi hingga kamar tidur.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa melihat tampilan visual desain dalam model 3D. Fitur-fiturnya memungkinkan kamu memilih berbagai furnite, merubah warna dinding dan perabotan, hingga melihat kecocokan antara furniture dengan desain yang dibuat.

Di samping itu, Room Planner dilengkapi proyek siap pakai jika kamu belum memiliki ide. Selanjutnya, kamu bisa merubah proyek tersebut agar sesuai dengan yang kamu inginkan. Lalu, hasil desain juga bisa dibagi kepada arsitek, pasangan, atau kontraktor.

Nama aplikasiRoom Planner – Desain Rumah & Interior
PengembangiCanDesign LLC
Rating4,5
Ukuran52 MB
DownloadGoogle Play

Magicplan

aplikasi desain rumah 3d
via Google Play

Magicplan adalah aplikasi desain rumah ringan untuk perangkat Android yang bisa membantu kamu membuat desain lantai, merancang laporan, hingga mendapatkan perkiraan biaya saat desain ditransformasikan ke proyek nyata.

Dengan itu, pantaslah aplikasi ini disebut sebagai software desain rumah terlengkap. Aplikasi ini dibekali teknologi canggih serta antarmuka pengguna yang mudah difahami. Hasilnya, ia sangat powerfull dipakai membuat desain interior baik dalam mode 2D atau 3D.

Fitur laporan memungkinkan kamu membuat laporan rinci yang bisa diterapkan langsung di lapangan. Sementara fitur perkiraan biaya, memungkinkan kamu untuk mendapatkan perkiraan harga dari tiap item atau perabotan yang akan dibeli.

Nama aplikasimagicplan
PengembangSensopia Inc
Rating4,4
Ukuran126 MB
DownloadGoogle Play

Home Design 3D Outdoor/Garden

apk desain rumah
via Google Play

Berbeda dari aplikasi-aplikasi sebelumnya, Home Design 3D Outdoor/Garden digunakan khusus untuk merancang desain area outdoor. Jadi jika kamu punya pekarangan luas dan bingung mengaturnya, maka silahkan visualisasikan dengan aplikasi ini.

Home Design 3D Outdoor/Garden memungkinkan kamu meracang desain area bermain, taman keluarga, hingga merancang tema pernikahan di area terbuka. Semuanya bisa dilakukan dengan sangat cepat berkat teknologi rendering terbaru dari aplikasi ini.

Tidak perlu takut meskipun kamu seorang pemula. Sebab, aplikasi ini memiliki user interface yang sangat intuitif. Cukup lakukan drag & drop untuk menciptakan sebuah desain. Jika butuh furnitur, aplikasi punya 100 lebih item yang bisa dipilih sesuai desain yang kamu buat.

Nama aplikasiHome Design 3D
PengembangAnuman
Rating3,4
UkuranBervariasi
DownloadGoogle Play

Home Design 3D Freemium

aplikasi desain rumah untuk pemula
via Google Play

Salah satu aplikasi desain rumah terlengkap yang sudah diinstall oleh sekitar 10 juta pengguna di seluruh dunia. Home Design 3D Freemium, akan memudahkan kamu dalam merancang desain, menghias, sekaligus membangun rumah kamu.

Fitur-fitur yang terdapat pada apllikasi ini memang sangat lengkap mulai dari fitur untuk keperluan desain luar ruangan, penampil visual, penghias furnitur, dan juga ekspor impor proyek.

Di dalamnya, kamu bisa melakukan berbagai proses desain seperti membagi kamar, merubah tinggi dan tebal dinding, menghias interior, mengganti objek, menampilkan visualisasi 2D dan 3D, hingga mengekspor dan berbagai desain dengan pengguna lain.

Nama aplikasiHome Design 3D
PengembangAnuman
Rating3,6
UkuranBervariasi
DownloadGoogle Play

Homify – modifikasi rumah anda

aplikasi membuat desain rumah
via Google Play

Meski tidak menyediakan tools desain, tapi Homify kami masukkan juga dalam daftar aplikasi desain rumah karena aplikasi ini dapat membantu kamu menemukan inspirasi desain lewat jutaan foto yang tersedia.

Di dalamnya, kamu bisa melihat dan mungkin saja terinspirasi dari sekitar 1,5 juta lebih foto yang terdiri dari beragam gaya desain. Bahkan, foto-foto yang tersedia terus diperbarui setiap harinya.

Lebih lanjut, homify yang merupakan flatform bagi arsitek dan desainer interior ini juga berisi tips trik desain dari para professional. Jika ada salah satu foto yang kamu suka, kamu bisa langsung mengontak desainernya lewat halaman profil sang desainer di aplikasi ini.

Nama aplikasiHomify
PengembangHomify GmbH
Rating3,7
Ukuran12 MB
DownloadGoogle Play

Palette Home

apliaksi untuk mendesain rumah
via Google Play

Dari semua aplikasi dalam daftar ini, sepertinya Pallete Home lah yang paling layak menyandang status sebagai aplikasi desain rumah paling ringan. Sebab, di saat aplikasi lain ukurannya rata-rata di atas 100 MB, Pallete Home hadir dengan size kecil yaitu hanya 56 MB.

Namun begitu, aplikasi ini tidak bisa dianggap remeh jika melihat kemampuan dan fitur-fiturnya. Karena hanya dengan aplikasi ini, kamu sudah bisa mendesain interior dan segala jenis ruangan dalam mode 3D.

Kamu akan sangat mudah menggunakan aplikasi ini karena antarmukanya yang sederhana dan intuitif. Ditambah lagi, objek dan furnitur yang tersedia juga cukup banyak dan bisa menyesuaikan diri secara otomatis dengan objek di dekatnya.

Nama aplikasiPalette Home
PengembangPaletteCAD GmbH
Rating3,9
Ukuran56 MB
DownloadGoogle Play

Itu dia 12 aplikasi desain rumah android terbaik yang bisa dipakai secara online maupun offline. Silahkan pilih salah satu atau coba saja semuanya untuk melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing aplikasi.

Akhirnya semoga rekomendasi aplikasi desain rumah ringan dan terlengkap ini bisa membantu kamu dalam membuat denah rumah impian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.