Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik di Android

Meski terkesan sulit, mempelajari bahasa Jepang sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan. Apalagi, saat ini sudah tersedia banyak aplikasi belajar bahasa Jepang untuk Android.

Manfaat belajar bahasa Jepang tentunya banyak sekali. Selain untuk keperluan bekerja ke Jepang, kamu juga akan lebih mudah memahami budaya Jepang bila menguasai bahasanya.

Nah, kali ini kami akan membahas perihal aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk belajar bahasa Jepang dengan cepat. Kamu bisa pilih salah satu dari 19 rekomendasi aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik versi NeoTekno.

Busuu – Belajar Bahasa

via Google Play

Busuu adalah aplikasi belajar bahasa dengan pilihan 12 bahasa. Selain bahasa Jepang, kamu juga bisa belajar bahasa Jerman, Inggris, Prancis, Spanyol, hingga bahasa Mandarin.

Busuu menerapkan konsep belajar bertahap mulai dari level pemula hingga mahir. Kelebihan utamanya yaitu Busuu punya komunitas dengan ratusan juta anggota yang terdiri dari penutur asli dari bahasa-bahasa di atas yang bisa langsung diajak berbicara.

Lebih lanjut, Busuu menawarkan berbagai macam fitur untuk memudahkan kamu mempelajari setiap bahasa. Selain komunitas, tersedia juga fitur rencana belajar, kosakata, tata bahasa, dan sertifikat bahasa resmi yang nanti bisa dipakai saat kamu melamar pekerjaan.

Nama aplikasiBusuu
PengembangBusuu
Rating4,5
Ukuran30 MB
DownloadGoogle Play

LingoDeer

via Google Play

Tidak peduli kamu di level yang mana, Lingodeer akan membantu kamu untuk menguasai bahasa Jepang dengan cepat. Aplikasi ini juga sudah tersedia dalam berbagai bahasa seperti Jepang, Inggris, Korea dan Mandarin.

Lingodeer menyajikan materi belajar bahasa Jepang yang lengkap serta dikemas dengan sangat menarik. Hal ini membuat siapapun merasa dirinya sedang bermain game alih-alih belajar bahasa saat menggunakan aplikasi ini.

Lingodeer hadir dengan berbagai fitur canggih di dalamnya. Kamu akan menemukan 2000 kosakata dan frase pendek, rekaman audio dari penutur asli yang bisa dipercepat dan diperlambat, hingga latihan dan penjelasan mengenai tata bahasa Jepang.

Nama aplikasiLingoDeer
PengembangLingoDeer
Rating4,5
Ukuran46 MB
DownloadGoogle Play

Tandem

via Google Play

Tandem sudah lama populer di kalangan para penyuka bahasa asing. Di Playstore, aplikasi buatan Tripod Technology GmbH ini sudah diunduh lebih dari 5 juta kali. Jadi, kalau kamu membutuhkan aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik, tandem adalah salah satu pilihannya.

Tandem menerapkan sistem belajar dengan materi yang tersusun rapi berdasarkan level kemampuan pengguna. Kamu bisa mulai dengan menghafal kosakata Jepang, kemudian mencoba menyusun kalimat dari kosakata tersebut.

Tandem juga didukung oleh jutaan anggota yang tergabung dalam sebuah komunitas. Di sana kamu bisa mencari dan bertemu dengan para penutur asli bahasa Jepang. Nah dari mereka, kamu bisa mengoreksi sekaligus meningkatkan kemampuan mengucapkan bahasa Jepang.

Nama aplikasiTandem Language Exchange
PengembangTripod Technology GmbH
Rating4,5
Ukuran56 MB
DownloadGoogle Play

HelloTalk

via Google Play

HelloTalk hadir sebagai aplikasi belajar bahasa Jepang gratis sekaligus pertukaran bahasa global. Selain belajar dari materi yang ada, pengguna juga bisa belajar dari para native speaker lewat aplikasi ini.

HelloTalk memberi ruang terbuka untuk para pengguna mengeksplore kemampuan berbahasa Jepang tanpa kurikulum yang baku. Kamu nantinya akan lebih sering berkomunikasi dengan para penutur asli jepang guna meningkatkan kemampuan.

Namun begitu, tentunya aplikasi ini juga dilengkapi beragam fitur menarik. Di dalamnya sudah tersedia fitur latihan grammar dengan terjemahan, koreksi tata bahasa otomatis, ubah teks ke audio, dan fitur pengenalan suara.

Nama aplikasiHelloTalk
PengembangHelloTalk
Rating4,3
Ukuran85 MB
DownloadGoogle Play

Drops : Learn Japanese

via Google Play

Drops menyajikan tampilan antar muka yang memukau. Kamu akan sangat nyaman dan pastinya betah berlama-lama menggunakan aplikasi belajar bahasa Jepang satu ini.

Drops menyatukan kualitas materi belajar dan tampilan visual. Hal tersebut diyakini mampu meningkatkan kemampuan pengguna dalam memahami materi dengan lebih cepat, lebih baik dan menyenangkan.

Drops menyediakan ribuan kosakata bahasa Jepang yang umum dipakai sehari-hari. Selain itu tersedia juga fitur terjemahan, latihan pengucapan kata, koreksi grammar serta tinjauan tata bahasa.

Nama aplikasiDrops: Learn Japanese
PengembangLanguage Drops
Rating4,8
Ukuran31 MB
DownloadGoogle Play

Bravo Language

via Google Play

Bravo Language akan memandu kamu untuk mahir menggunakan ungkapan-ungkapan dalam bahasa Jepang. Aplikasi ini dibekali berbagai ungkapan yang biasa dipakai sehari-hari.

Dalam praktiknya, belajar bahasa Jepang lewat aplikasi ini dilakukan dengan mendengar rekaman audio dari para penutur asli Jepang. Lalu, kamu bisa mengucapkan kata atau ungkapan di dalam rekaman tadi sekaligus merekamnya.

Tentunya tak hanya itu. Namun, Bravo Language juga membawa aneka fitur seperti kosakata, grammar, audio ungkapan, perekam dan pemutar suara, pencarian cepat dan mode offline sehingga bisa dibuka tanpa sambungan internet.

Nama aplikasiBravo Language
PengembangBravolol
Rating4,6
Ukuran27 MB
DownloadGoogle Play

Belajar Jepang Gratis

via Google Play

Lupakan metode belajar kuno yang kamu dapatkan di sekolah dulu. Aplikasi belajar bahasa Jepang gratis ini akan membawa kamu mendapatkan pengalaman belajar yang lebih seru dengan metode baru.

Aplikasi ini akan membantu kamu dalam menghafal kosakata Jepang, membentuk kalimat, menguasai frase utama bahasa Jepang, hingga nantinya kamu bisa ikut serta dalam sebuah percakapan dalam bahasa Jepang.

Selain itu, tersedia juga fitur-fitur pelengkap yang akan mendukung proses belajar kamu diantaranya audio rekaman percakapan para penutur asli, program pengenalan suara, statistik lanjutan, dan fitur tracking hasil belajar.

Nama aplikasiBelajar Jepang Gratis
PengembangATi Studios
Rating4,6
UkuranBervariasi
DownloadGoogle Play

Obenkyo

via Google Play

Obenkyo dapat membantu kamu mempelajari bahasa Jepang hiragana, kanji dan katakana. Ketiganya adalah jenis huruf yang dipakai dalam bahasa Jepang. Jenis huruf ini, dapat membedakan penyebutan suku katanya.

Obenkyo berisi 2300 lebih Japanese kanji dan 1400 lebih kata Jepang dalam bahasa Inggris. Kamu bisa memperbanyak hafalan kosa kata dengan dengan aplikasi ini.

Selain itu, aplikasi belajar bahasa Jepang untuk pemula ini juga menyediakan materi tentang grammar dan bilangan dalam jenis hiragana, kanji dan romanji.

Nama aplikasiObenkyo
PengembangAtomusk
Rating4,7
Ukuran7,2 MB
DownloadGoogle Play

Belajar Bahasa Jepang

via Google Play

Kalau kamu ingin menguasai bahasa Jepang lewat metode belajar yang seru, kamu bisa coba aplikasi belajar bahasa Jepang yang satu ini. Aplikasi ini menawarkan konsep pembelajaran lewat game mulai dari level pemula hingga menengah.

Selain itu, kelebihan dari aplikasi ini yaitu tidak membutuhkan koneksi internet sehingga kamu bisa belajar bahasa jepang saat offline. Tidak ada pula biaya yang harus kamu keluarkan karena aplikasi ini gratis.

Adapun fitur-fitur yang dibawa aplikasi ini diantaranya yaitu audio berisi rekaman kata dari penutur asli, kumpulan frasa, kumpulan tips percakapan, kumpulan karakter bahasa jepang, hingga fitur pelengkap seperti pencarian kata dengan cepat.

Nama aplikasiBelajar Bahasa Jepang
PengembangLuvLingua
Rating4,7
Ukuran19 MB
DownloadGoogle Play

Learn Japanese Offline

via Google Play

Seperti namanya, aplikasi ini jelas bisa kamu pakai secara offline dan gratis. Berfungsi layaknya buku digital yang berisi ribuan frasa dan kosa kata Jepang.

Kumpulan kosakata dan frasa yang tersedia juga bisa dipilih berdasarkan 18 kategori diantaranya percakapan umum, waktu dan tanggal, transportasi, berbelanja, keluarga, makanan, dan kosakata terkait warna.

Selain itu, aplikasi ini dilengkapi juga dengan audio pengucapan kata dari penutur asli, fitur pencarian berdasarkan bahasa, dan bisa menyimpan kalimat-kalimat favorit.

Nama aplikasiLearn Japanese Offline
Pengembangufostudio
Rating4,6
Ukuran21 MB
DownloadGoogle Play

Kamus Jepang

via Google Play

Kamus digital yang dapat membantu kamu mencari dengan cepat terjamahan atau arti dari kata dalam bahasa Jepang. Aplikasi ini bisa kamu sandingkan dengan aplikasi belajar bahasa Jepang lainnya.

Meski hanya berupa kamus digital, tapi aplikasi ini punya kelebihan yaitu bisa menerjemahkan kalimat panjang dalam mode online. Ada juga fitur copy & share kata sehingga kamu bisa menyalin kata atau kalimat dari aplikasi ini ke media lain.

Selain itu, kamus Jepang dilengkapi shortcut pencarian kata yang sangat resfonsif. Fitur text to speech nya menjadi penyempurna yang bisa dipakai untuk mengubah kata menjadi audio.

Nama aplikasiKamus Jepang
PengembangBali Media
Rating4,4
Ukuran4,2 MB
DownloadGoogle Play

Modul Bahasa Jepang

via Google Play

Ini adalah aplikasi pembelajaran bahasa Jepang yang menurut kami sangat cocok untuk pemula. Alasannya, aplikasi ini akan membantu kamu menerjemahkan bahasa Jepang disertai penjelasannya.

Materi belajar pada aplikasi ini disusun dalam modul-modul khusus. Ada 57 modul yang bisa kamu pelajari mulai dari perkenalan hingga modul tentang fungsi dan contoh penggunaan partikel kata.

Materi dalam aplikasi ini juga disampaikan dengan dibumbui joke-joke lucu agar tidak membosankan. Intinya, kamu tidak perlu ragu menginstall aplikasi modul bahasa Jepang ini untuk membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang.

Nama aplikasiModul Bahasa Jepang
PengembangCirclebit Lab
Rating4,7
Ukuran4,4 MB
DownloadGoogle Play

Saku Japan

via Google Play

Ini adalah aplikasi yang berisi paket lengkap materi belajar bahasa Jepang untuk pemula. Kamu bisa pakai aplikasi ini sebagai pedoman khusus untuk menguasai bahasa Jepang.

Aplikasi Saku Japan ini dibuat untuk semua kalangan mulai dari pemula hingga mahir. Bahkan, orang awam pun akan dengan mudah memahami kata-kata dalam bahasa Jepang dengan bantuan aplikasi Saku Japan.

Aplikasi Saku Japan membawa berbagai fitur diantaranya kosakata tentang binatang, pekerjaan, dan topik lainnya. Selain itu, ada juga fitur percakapan sederhana hingga game-game yang akan membuat sensasi belajar kamu jadi makin seru dan menyenangkan.

Nama aplikasiSuku Japan
Pengembangyongkru
Rating4,7
Ukuran22 MB
DownloadGoogle Play

Japan Easy Speak

via Google Play

Dikembangkan oleh pakar Jepang, aplikasi Japan Easy Speak menjadi salah satu aplikasi belajar bahasa Jepang yang direkomendasikan untuk pemula. Aplikasi ini tak ubahnya seperti kamus saku yang bisa dibawa ke manapun saat kamu membutuhkan akses cepat ke terjemahan bahasa Jepang.

Japan Easy Speak menyediakan percakapan dalam berbagai topik. Kamu akan dengan mudah mendapatkan saran untuk istilah-istilah dalam bahasa Jepang saat berkomunikasi.

Selain itu, Japan Easy Speak ini juga tentunya dilengkapi berbagai fitur pendukung. Fitur tersebut diantaranya panduan untuk mengucapkan kata-kata bahasa Jepang, rekaman suara hingga fitur untuk membuat daftar kata yang kamu favoritkan.

Nama aplikasiJapan Easy Speak
PengembangASI edu
Rating4,2
Ukuran48 MB
DownloadGoogle Play

Yomiwa

via Google Play

Kamus Jepang offline modern dengan berbagai fitur yang dapat membantu kamu mempercepat kemampuan berbahasa Jepang. Yomiwa menjadi salah satu aplikasi kamus Jepang yang isinya paling lengkap di Playstore.

Kelebihan lain dari aplikasi belajar bahasa Jepang offline ini yaitu adanya teknologi OCR atau Optical Character Recognition berkualitas tinggi. Adanya teknologi ini membuat Yomiwa mampu mengurai gambar berisi teks menjadi kata-kata hanya dalam hitungan detik.

Selain itu, Yomiwa juga dirancang dengan beragam fitur pendukung. Diantaranya yang utama yaitu fitur kamus Jepang terlengkap, pengenalan karakter, analisis teks, web browser, dan daftar kata dari artikel Jepang yang sering dipakai sehari-hari.

Nama aplikasiYomiwa
PengembangYomiwa
Rating4,5
Ukuran77 MB
DownloadGoogle Play

Tata Bahasa Jepang

via Google Play

Merupakan aplikasi belajar bahasa Jepang dalam bahasa Indonesia. Aplikasi ini materinya bersumber dari berbagai source salah satunya Weihome Gakuen. Weihome Gakuen ini adalah salah satu sekolah bahasa Jepang yang bisa diakses lewat internet.

Lebih lanjut, aplikasi tata bahasa Jepang ini memiliki koleksi 1500 lebih kosakata Jepang dalam 3 jenis penulisan baik Kanji, Romaji, dan Hiragana. Tersedia juga terjemahan kata sehingga kamu langsung bisa mengetahui artinya dalam bahasa Indonesia.

Selain itu, aplikasi tata bahasa Jepang dilengkapi pula dengan berbagai fitur pendukung. Beberapa fitur yang dimaksud salah satunya fitur speech yang bisa diatur kecepatannya dan tetap bisa dipakai saat offline sekalipun.

Nama aplikasiTata Bahasa Jepang
PengembangU&G design
Rating4,8
Ukuran4,2 MB
DownloadGoogle Play

Hiragana Memory Hint

via Google Play

Aplikasi ini direkomendasikan bagi para pemula yang ingin belajar bahasa Jepang dengan cara yang menyenangkan. Di dalamnya ada materi pembelajaran bahasa Jepang yang disajikan dengan atraktif.

Kamu akan dipandu untuk menguasai bahasa Jepang jenis Hiragana lewat ilustrasi, suara, hingga animasi-animasi lucu dan keren. Ada juga materi dalam bentuk kuis untuk menguji tingkat pemahaman kamu.

Selanjutnya, Hiragana Memory Hint juga akan menuntun kamu untuk memahami huruf Jepang serta penulisan yang benar. Juga, aplikasi ini berisi audio rekaman kata-kata Jepang Hiragan yang bisa kamu dengarkan setiap hari.

Nama aplikasiHiragana Memory Hint
PengembangThe Japan Fondation
Rating4,8
Ukuran11 MB
DownloadGoogle Play

Nihongo Asyik

via Google Play

Selain Hiragana Memory Hint, aplikasi belajar bahasa Jepang secara otodidak yang recomended untuk level pemula adalah Nihongo Asyik. Install sekarang juga jika kamu baru memulai belajar bahasa Jepang.

Nihongo Asyik menyediakan materi pembelajaran lengkap yang disusun berdasarkan kelas. Kamu bisa pilih kelas sesuai tingkat kemampuan berbahasa Jepang yang dimiliki saat ini.

Fitur-fitur lain sebagai pendukung pembelajaran tentunya tertanam juga pada aplikasi Nihongo Asyik. Tapi yang paling penting, di dalam aplikasi ini ada fitur penjelasan partikel yang dapat membantu kamu memahami partikel-partikel penting dalam bahasa Jepang.

Nama aplikasiNihongo Asyik
PengembangAsyen Studio
Rating4,5
Ukuran28 MB
DownloadGoogle Play

Percakapan Bahasa Jepang

via Google Play

Yang terakhir, kami rekomendasikan kamu untuk menginstall aplikasi Percakapan Bahasa Jepang ini jika ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang.

Isinya memang hanya daftar percakapan dalam bahasa Jepang tanpa ada fitur lain seperti audio, daftar kosakata maupun grammar. Namun, membaca dan memahami maksud dalam percakapan bahasa Jepang dalam aplikasi ini menurut kami akan berpengaruh besar pada meningkatnya kemampuna kamu.

Sebab, tema percakapannya sangat lengkap meliputi percakapan tentang liburan, masalah keluarga, hobi, pelajaran sekolah, masalah makanan, pekerjaan, hingga masalah percintaan.

Nama aplikasiPercakapan Bahasa Jepang
PengembangMother Developer
Rating4,4
Ukuran1,8 MB
DownloadGoogle Play

Nah, itu dia 19 rekomendasi aplikasi belajar bahasa Jepang terbaik yang bisa kamu pilih dan pelajari. Coba saja satu-satu aplikasinya sampai menemukan aplikasi yang cocok untuk kamu pribadi.

Akhir kata semoga artikel ini ada manfaatnya, terutama bagi kamu yang sedang belajar bahasa Jepang secara otodidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *