Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik di Android

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa dunia yang sebaiknya kamu kuasai. Karena, kemampuan berbahasa Inggris saat ini menjadi kebutuhan di segala bidang.

Contohnya saat ingin melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi, misalnya S2, kecakapan berbahasa Inggris menjadi salah satu syarat yang harus kamu penuhi.

Nah, bagi yang ingin memulai belajar bahasa Inggris secara otodidak, kamu bisa manfaatkan beberapa aplikasi belajar bahasa Inggris untuk Android berikut. Kamu bisa mempelajari seluk beluk bahasa Inggris misalnya grammar dengan aplikasi ini baik online maupun offline.

Duolingo

via Google Play

Aplikasi ini pernah menyabet gelar sebagai aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik di Google Playstore. Fitur serta metode belajar yang disuguhkan sangat menyenangkan sehingga membuatnya menjadi aplikasi yang tak terkalahkan.

Duolingo benar-benar mengubah cara orang belajar bahasa Inggris. Kamu akan mendapatkan materi belajar setara perguruan tinggi yang bisa didapatkan secara gratis tanpa biaya.

Duolingo menyediakan indikator yang bisa digunakan untuk melihat perkembangan kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris. Kamu akan belajar secara bertahap mulai dari mengenal kosakata sampai menyusun kalimat.

Nama aplikasiDuolingo
PengembangDuolingo
Rating4,7
UkuranBervariasi
DownloadGoogle Play

Memrise

via Google Play

Salah satu aplikasi belajar bahasa Inggris dengan bule yang akan membantu mempercepat kemampuan kamu. Menyediakan berbagai metode belajar mulai dari menonton video hingga memainkan game-game jenis kuis.

Kamu akan dibantu untuk mengingat frase penting serta cara mengucapkannya secara natural. Jika salah dalam pengucapan, Memrise sudah dilengkapi fitur untuk memberikan warning dan kamu bisa ulangi pengucapan frase hingga benar.

Memrise juga memungkinkan kamu untuk mempelajari cara mengucapkan tiap kata bahasa Inggris secara langsung dari penutur asli. Cara kerjanya, kamu akan dihubungkan dengan penutur asli dalam sebuah video call.

Nama aplikasiMemrise
PengembangMemrise
Rating4,6
Ukuran20 MB
DownloadGoogle Play

Hello English

via Google Play

Aplikasi ini pada tahun 2016 berhasil meraih penghargaan sebagai aplikasi terbaik dan terinovatif versi Goole Playstore. Merupakan aplikasi pendidikan tanpa biaya yang dikalim menjadi yang nomor 1 di Asia.

Hello English yang dikembangkan oleh CultureAlley ini telah dipakai oleh 24 juta orang lebih. Dengannya kamu bisa belajar kosakata, tata bahasa, hingga berbicara dalam bahasa Inggris.

Fitur-fitur yang dimiliki Hello English diantaranya menyediakan 475 materi pelajaran gratis yang bisa diakses offline, game interaktif, forum diskusi, latihan membaca berita harian, kamus 10.000 kata, dan game percakapan.

Nama aplikasiHello English
PengembangCulture Alley
Rating4,6
UkuranBervariasi
DownloadGoogle Play

Busuu

via Google Play

Busuu adalah salah satu pilihan terbaik kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris dengan cepat. Aplikasi ini sempat masuk dalam deretan aplikasi pilihan editor di Playstore. Selain itu, di tahun 2018 dan 2019, aplikasi ini berturut-turut meraih penghargaan edTech Global Awards dan DtGV.

Selain menyediakan materi gratis tanpa bayar, Busuu juga menyediakan kursus premium yang bisa kamu apply kapan saja. Ada juga forum komunitas yang akan mempertemukan kamu dengan para penutur asli dari bahasa Inggris, Portugis, Prancis, dan bahasa lainnya.

Adapun fitur-fitur yang dibawa Busuu diantaranya fitur latihan berbicara dengan penutur asli, pengaturan jadwal belajar, latihan kosakata, latihan tata bahasan disertai tinjauan tata bahasa, dan sertifikat resmi dari McGraw-Hill Education.

Nama aplikasiBusuu
PengembangBusuu
Rating4,5
Ukuran30 MB
DownloadGoogle Play

LingoDeer

via Google Play

Aplikasi ini menyediakan kualitas pembelajaran bahasa Inggris tingkat tinggi. Kamu yang pemula pun akan mudah menguasai bahasa Inggris dengan sangat cepat bersama aplikasi Lingodeer.

Lewat aplikasi ini, kamu akan belajar dari cara pengucapan kata sederhana hingga mempelajari struktur tata bahasa yang agak rumit. Materinya disusun oleh tim professional dengan sangat kreatif sehingga pembelajaran tidak terasa membosankan.

Sementara mengenai fitur, Lingodeer dilengkapi dengan mode offline sehingga kamu tidak perlu online 24 jam, 2000 kosakata dan berbagai frase, audio rekaman dari penutur asli, penjelasan tata bahasa, hingga berbagai jenis latihan yang menyenangkan.

Nama aplikasiLingoDeer
PengembangLingoDeer
Rating4,5
Ukuran46 MB
DownloadGoogle Play

EWA: Belajar Bahasa Inggris

via Google Play

Kamu dapat belajar bahasa Inggris dengan metode yang unik via aplikasi EWA: Belajar Bahasa Inggris. Aplikasi ini menyediakan kursus online berbasis percakapan, tokoh film, buku populer, audio dan yang lainnya.

Materi belajar disusun dengan sangat menarik sehingga membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara cepat. Kamu bisa memilih kursus menyesuaikan level mulai tingkat pemula hingga mahir.

Rincian fitur yang tersedia pada aplikasi belajar bahasa Inggris online ini yaitu kursus percakapan bahasa Inggris, 1000 lebih buku dan audio, ribuan kosakata, dialog bersama tokoh terkenal, hingga fitur untuk mengecek tingkat kemahiran berbahasa Inggris.

Nama aplikasiEWA: Belajar Bahasa Inggris
PengembangLithium Lab Pte Ltd
Rating4,6
Ukuran59 MB
DownloadGoogle Play

Rosetta Stone

via Google Play

Penghargaan sebagai aplikasi pilihan editor di tahun 2019, serta pemenang Tabby Awards di tahun yang sama menjadi bukti bahwa Rosetta Stone adalah aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik.

Bahkan, kamu tidak hanya bisa mempelajari bahasa Inggris dengan aplikasi ini. Namun, tersedia juga 23 bahasa lain yang bisa kamu pelajari sesuai minat dan motivasi.

Rosetta Stone akan membuat kamu tetap fokus pada bahasa yang diminati dengan fitur personalisasi motivasi. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi juga dengan fitur latihan pengucapan kata, kosakata lengkap, sinkronisasi, dan fitur unduh pelajaran agar bisa dibuka secara offline.

Nama aplikasiRosetta Stone
PengembangRosetta Stone
Rating4,6
Ukuran116 MB
DownloadGoogle Play

Tandem

via Google Play

Aplikasi ini pernah kami masukkan dalam daftar aplikasi belajar bahasa Arab terbaik. Karena, disamping menyediakan materi belajar bahasa Inggris, Tandem juga mendukung 12 lebih bahasa lainnya.

Tandem pernah meraih penghargaan sebagai aplikasi terbaik di tahun 2019 versi Google Playstore. Hal ini menurut kami sudah cukup sebagai alasan kenapa kamu harus mencoba aplikasi Tandem.

Seperti yang kami tulis di artikel lainnya, Tandem dibekali berbagai fitur untuk memudahkan belajar bahasa asing. Fitur tersebut diantaranya kosataka lengkap, penyempurnaan pelafalan, pemahaman tata bahasa, dan komunitas Tandem yang berisi banyak penutur asli.

Nama aplikasiTandem
PengembangTripod Technology GmbH
Rating4,5
Ukuran56 MB
DownloadGoogle Play

Belajar Bersama ABA English

via Google Play

Aplikasi ini membawa teknologi smart learning yang diklaim mampu meningkatkan kecepatan menguasai bahasa Inggris. Kamu akan dibimbing untuk mempelajari bahasa Inggris sesuai minat di dunia nyata.

Metodenya, pertama kamu akan disuguhi materi belajar yang dibuat khusus untuk diri kamu sendiri. Kedua, ada pula kursus bahasa Inggris online yang bisa kamu ikuti untuk mendapatkan materi yang lebih lengkap.

Selain itu, aplikasi ini sudah dilengkapi bermacam fitur diantaranya penelusuran minat, pembaruan materi tiap hari, berbagai metode belajar mulai dari podcast, video wawancara, meditasi, membaca artikel berita, dan fitur pelacakan kemampuan berbahasa Inggris.

Nama aplikasiBelajar Bersama ABA English
PengembangABA English
Rating4,4
UkuranBervariasi
DownloadGoogle Play

HelloTalk

via Google Play

Latih kemampuan berbahasa Inggris kamu dengan para penurut asli lewat aplikasi HelloTalk. Selain bahasa Inggris, tersedia juga puluhan bahasa lain mulai dari bahasa Jepang hingga Jerman.

Aplikasi ini mengadopsi sistem belajar yang santai. Tidak ada kurikulum atau aturan khusus yang pada beberapa orang kurang efektif untuk diterapkan. Gantinya, HelloTalk membiarkan kamu bebas berbicara apa saja dengan para native speaker.

Meski demikian, bukan berarti aplikasi ini tidak dilengkapi fitur apapun. di dalamnya akan kamu temukan beberapa fitur utama seperti komunitas internasional, latihan pengucapan kata bersama penutur asli, belajar tata bahasa disertai terjemahan, dan fasilitas bertukar pesan baik teks maupun audio.

Nama aplikasiHelloTalk
PengembangHelloTalk Learn
Rating4,3
Ukuran85 MB
DownloadGoogle Play

Belajar Bahasa Inggris

via Google Play

Aplikasi ini akan membantu setiap orang mempelajari ungkapan dan kata-kata dalam bahasa Inggris dengan mudah dan percaya diri. Cukup dengarkan rekaman audio dari penutur asli, lalu coba lafalkan sampai kamu benar-benar fasih.

Aplikasi belajar bahasa Inggris gratis ini menyediakan banyak ungkapan serta ribuan kata bahasa Inggris sehari-hari. Kamu akan menemukan translate Inggris dari kata-kata seperti “berapa banyak”, “terima kasih” dan sebagainya.

Selain itu, aplikasi ini mendukung dua akses pengucapan bahasa Inggris yaitu Inggris Amerika dan British. Fitur-fiturnya terdiri dari perekam suara dan pemutar ulang audio, pencarian instant, dan mode offline saat kamu tidak terhubung ke internet.

Nama aplikasiBelajar Bahasa Inggris
PengembangBravolol – Language Leraning
Rating4,6
Ukuran23 MB
DownloadGoogle Play

Belajar Inggris Gratis

via Google Play

Seperti namanya, aplikasi ini bisa dipakai untuk belajar bahasa Inggris secara gratis setiap harinya. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk semua materi di dalam aplikasi.

Aplikasi belajar Inggris gratis ini menyediakan kosa kata utama bahasa Inggris, bentuk-bentuk kalimat, frase, dan percakapan Inggris yang bisa kamu pelajari dengan cepat dan efektif.

Selain itu, kamu juga bisa latihan menyimak, membaca dan berbicara dengan kamus digital berteknologi tinggi. Fitur lainnya, ada juga materi dalam bentuk audio, pengenalan suara, statistik, dan laporan perbandingan hasil belajar kamu dan pengguna lainnya.

Nama aplikasiBelajar Inggris Gratis
PengembangATi Studios
Rating4,7
UkuranBervariasi
DownloadGoogle Play

Latihan Percakapan Bhs Inggris

via Google Play

Aplikasi ini disebut-sebut sebagai aplikasi terbaik untuk melatih percakapan dalam bahasa Inggris. Dengannya, kamu bisa melatih kemampuan berbahasa Inggris secara mandiri.

Aplikasi ini didesain layaknya teman bicara yang akan meningkatkan insting kamu dalam menyimak, memahami, dan berbicara dalam bahasa Inggris. Tersedia 200 lebih percakapan yang bisa kamu eksplore.

Adapun fitur yang terdapat pada aplikasi ini yaitu latihan menyimak, kuis untuk meningkatkan pemahaman, latihan percakapan, dan alat perekam percakapan untuk melihat seberapa jauh kamu menyerap materi yang ada.

Nama aplikasiLatihan Percakapan Bhs Inggris
PengembangTalkEnglish
Rating4,6
UkuranBervariasi
DownloadGoogle Play

English Listening & Speaking

via Google Play

Aplikasi ini sangat cocok dipakai oleh kamu yang lebih suka belajar bahasa Inggris dengan cara mendengarkan audio. Kamu bisa pilih rekaman audio dalam mode straming online maupun offline.

Materi disusun secara bertahap mulai dari materi dasar hingga tingkat mahir. Jadi, kamu bisa sesuaikan pembelajaran dengan level penguasaan bahasa Inggris kamu saat ini.

Berbagai daftar frase dan idiom dalam bahasa Inggris yang sering dipakai sehari-hari bisa kamu temukan dalam aplikasi ini. Disamping itu, tersedia juga berbagai fitur pelengkap seperti kosakata, esai, ratusan bentuk tes, penanda materi, dan game-game seru.

Nama aplikasiEnglish Listening and Speaking
PengembangMiracle FunBox
Rating4,5
Ukuran17 MB
DownloadGoogle Play

Percakapan Bahasa Inggris

via Google Play

Aplikasi berikutnya untuk mendukung belajar bahasa Inggris adalah Learn English Daily. Aplikasi ini di Playstore sudah diunduh oleh 1 juta pengguna.

Learn English Daily akan membantu kamu meningkatkan level kemapuan berbahasa Inggris lewat beragam fitur dan materi pembelajaran. Kamu bisa menemukan 100 percakapan umum bahasa Inggris, 1000 frase umum, dan 1500 kata dalam bahasa Inggris.

Selanjutnya, aplikasi ini juga menyediakan mode pembelajaran online mengenai aturan pengucapan dalam aksen Amerika, dasar tata bahasa, berbagai ekspresi, dan masih banyak materi menarik lainnya.

Nama aplikasiPercakapan Bahasa Inggris
PengembangKHAN LE
Rating4,4
Ukuran52 MB
DownloadGoogle Play

BBC Learning English

via Google Play

5 juta unduhan di Playstore seharusnya sudah cukup untuk membuat kamu memilih aplikasi belajar bahasa Inggris dari BBC ini. kamu akan dipandu memahami tata bahasa sekaligus pelafalan bahasa Inggris lewat audio.

BBC Learning English merupakan satu set aplikasi yang akan membantu kamu untuk menambah pengetahuan tentang frase, kosataka, dan cara melafalkan bahasa Inggris yang benar melalui berbagai topik cerita.

Selain itu, aplikasi ini dibekali juga dengan berbagai fitur pendukung diantaranya materi baru setiap hari, notifikasi naik level, pencarian materi, dan fitur share untuk berbagi ke media sosial.

Nama aplikasiBBC Learning English
PengembangBBC Pendidikan
Rating4,4
Ukuran6,9 MB
DownloadGoogle Play

Learn English Grammar Quickly

via Google Play

Kamu membutuhkan aplikasi yang bisa membantu memperbaiki grammar? Cobalah aplikasi Learn English Grammar Quickly ini. Seperti namanya, aplikasi ini akan membantu kamu belajar grammar dengan lebih cepat.

Di dalam aplikasi ini tersedia berbagai jenis kata mulai dari kata sifat, kata keterangan, konjungsi, idiom, kata benda, frase, preposisi, dan masih banyak yang lainnya.

Juga, fitur-fitur nya cukup lengkap diantaranya tes pertanyaan tata bahasa, kuis lucu yang bisa dimainkan saat santai, tes TOEIC, pertanyaan bentuk kata, dan 100 lebih video percakapan.

Nama aplikasiLearn English Grammar Qucikly
PengembangMonkeys
Rating4,6
Ukuran4,2 MB
DownloadGoogle Play

Belajar Bahasa Inggris Amerika

via Google Play

Aplikasi terakhir bagi kamu yang sedang mencari aplikasi terbaik untuk belajar bahasa Inggris, khususnya yang menggunakan aksen Amerika atau USA.

Aplikasi ini layaknya buku digital yang berisi ratusan ungkapan dalam bahasa Inggris. Di dalamnya akan kamu temukan ungkapan-ungkapan dalam berbagai topik misalnya perbankan, bisnis, makanan, kesehatan, hingga topik yang berkaitan dengan hobi.

Sementara untuk fitur pendukung, aplikasi ini disemati fitur perekam audio, kuis bahasa Inggris, tracking hasil belajar, copy ungkapan tertentu, pengaturan kecepatan audio, dan mode offline tanpa koneksi internet.

Nama aplikasiBelajar Bahasa Inggris Amerika
PengembangSimya Solution Ltd.
Rating4,4
Ukuran6,7 MB
DownloadGoogle Play

Itu tadi rekomendasi 18 aplikasi belajar bahasa Inggris terbaik online dan offline untuk Android. Silahkan dicoba semuanya agar kamu bisa merasakan langsung kelebihan dan kekurangan masing-masing aplikasi.

Akhir kata semoga artikel ini ada manfaatnya, terutama bagi kamu yang ingin memulai belajar bahasa Inggris gratis tanpa biaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *