Lompat ke konten

Aplikasi Belajar Bahasa Arab Terbaik untuk HP Android

  • oleh

Sudah sepantasnya kita sebagai umat muslim untuk mempelajari bahasa Arab. Sebab, manfaat memahami bahasa Arab sangatlah luas.

Selain untuk memudahkan kita dalam mentadabburi bacaan Shalat dan Al-Qur’an, pemahaman terhadap bahasa Arab juga akan membantu kita saat ada kerjasama bisnis dengan orang Arab, misalnya.

Nah, karena itu bagi kamu yang membutuhkan aplikasi belajar bahasa Arab yang bisa diinstall di smartphone, di bawah ini sudah kami rangkum 9 aplikasi untuk belajar bahasa Arab terbaik.

Google Translate

Aplikasi pertama yang kami rasa pantas menduduki posisi puncak dalam daftar aplikasi terbaik untuk belajar bahasa Arab di Android adalah Google Translate. Selain karena pengembangnya adalah raksasa internet, Google, juga karena fasilitas yang tersedia sangat lengkap.

Bayangkan saja, hanya dengan Google Translate, kamu bisa menerjemahkan 103 bahasa di dunia termasuk bahasa Arab. Untuk beberapa bahasa, Google Translate bahkan bisa dipakai untuk menerjemahkan tanpa koneksi internet.

Kemudian, kamu bisa menerjemahkan suara percakapan bahasa Arab dengan Google Translate. Terakhir, aplikasi ini punya teknologi canggih sehingga kamu hanya perlu mengarahkan kamera pada teks bahasa Arab dan GoogleTranslate akan memproses terjemahannya.

Nama aplikasiGoogle Translate
PengembangGoogle LLC
Rating4,5
UkuranBervariasi
DownloadGoogle Play

Tandem

Jika menurut kamu Google Translate terlalu kaku, kamu bisa pakai Tandem untuk sensasi belajar bahasa Arab di hp yang lebih seru. Aplikasi ini di Playstore sudah diinstall lebih dari 5 juta kali, lho.

Kelebihannya, aplikasi ini mendukung banyak bahasa. Jadi tidak hanya bisa dipakai untuk belajar bahasa Arab saja. Adapun bahasa yang didukung selain Arab diantaranya bahasa Spanyol, Inggris, Jepang, Korea, Jerman, Italia, Portugis, dan China.

Yang paling mengasyikkan, dengan aplikasi ini kamu bisa langsung praktik menulis dan berbicara bahasa Arab lewat fitur pesan dan audio. Selain itu, kamu juga bisa melatih pelafalan bahasa Arab dengan penutur aslinya langsung.

Nama aplikasiTandem
PengembangTripod Technology GmbH
Rating4,5
Ukuran56 MB
DownloadGoogle Play

Learn Arabic Speak Arabic

Aplikasi belajar bahasa Arab gratis ini diklaim mampu membuat siapapun fasih berbahasa Arab dalam waktu singkat. Bahkan, dalam hitungan menit kamu akan menguasai kosa kata, pembentukan kalimat, hingga mengetahui frase apa saja yang ada dalam bahasa Arab.

Lebih lanjut, aplikasi Learn Arabic Speak Arabic ini menawarkan terknik belajar bahasa Arab yang atraktif. Hasilnya, pengguna akan jauh lebih mudah menyerap setiap materi yang sedang dipelajari.

Di dalam aplikasi ini kamu bisa latihan membaca, mendengar, menulis, hingga belajar menggabungkan berbagai jenis kata dalam bahasa Arab. Intinya, aplikasi ini akan membuat kamu serasa memiliki guru private belajar bahasa Arab di ponsel kamu.

Nama aplikasiLearn Arabic Speak Arabic
PengembangATi Studios
Rating4,7
UkuranBervariasi
DownloadGoogle Play

Kamus Arab Indonesia

Seperti namanya, aplikasi kamus Arab Indonesia ini akan membantu kamu untuk menerjemahkan setiap kata dalam bahasa Arab ke bahasa Indonesia. Meskipun hanya kamus digital, tapi aplikasi ini cukup rekomended dipakai belajar bahasa Arab khususnya untuk para pemula.

Di dalam aplikasi belajar bahasa Arab Indonesia ini tersedia kamus Arab Indonesia, Indonesia Arab, kamus Munawwir, Lisanul Arab, dan kamus Al-Qur’an dengan 154.644 kota kata dalam database nya.

Selain itu, tersedia juga fitur contoh-contoh kalimat, mu’jamul Arab dengan 29803 mufrodat, dan fitur pelengkap seperti fitur share aplikasi. Kemudian yang tak kalah penting, aplikasi ini grais tanpa iklan dan bisa dipakai tanpa koneksi internet alias offline.

Nama aplikasiKamus Arab Indonesia
PengembangRistek Muslim
Rating4,6
UkuranBervariasi
DownloadGoogle Play

Learn Arabic – 6000 Words Fun Easy Learn

Ini adalah salah satu aplikasi belajar bahasa Arab terbaik yang paling kami rekomendasikan. Karena, aplikasi ini punya segudang fitur yang dapat membantu kamu lebih cepat menguasai bahasa Arab.

Learn Arabic – 6000 Words Fun Easy Learn ini dibekali 6.000 kata bahasa Arab yang terdiri dari kata benda, kata kerja, dan kata sifat. Selain itu, ia juga berisi 1.250 kalimat bahasa Arab yang sering dipakai sehari-hari.

Fitur lainnya, aplikasi ini memiliki fitur intuitif salah satunya ilustrasi gambaran tangan untuk memudahkan pengguna mengingat kosatakata. Lalu, ada juga fitur audio, statistik, ulasan, pencarian kata dan kalimat, hingga fitur pengenal suara.

Nama aplikasiLearn Arabic
PengembangFunEasyLearn
Rating4,5
Ukuran88 MB
DownloadGoogle Play

Drops : Learn Arabic Language and Alphabet for Free

Konon katanya kita hanya bisa sangat fokus saat belajar dalam waktu 5 menit saja. Dan, hal inilah yang diadopsi ke dalam sistem Drops untuk membantu penggunanya belajar bahasa Arab.

Aplikasi ini membawa keseruan baru belajar bahasa Arab dengan antarmuka nya yang memanjakan mata. Setiap kata diwakili dengan gambar visual yang sangat menarik sehingga mudah dicerna oleh pengguna.

Drops menyimpan 1000 lebih kosakata bahasa Arab yang sering diucapkan sehari-hari. Dengan gaya belajar yang santai dan menyenangkan, Drops tak ubahnya seperti game yang membuat kamu ketagihan belajar bahasa Arab.

Nama aplikasiDrops Learn Arabic Language
PengembangLanguage Drops
Rating4,7
Ukuran31 MB
DownloadGoogle Play

Belajar Bahasa Arab + Suara

Bagi kamu yang punya anak dan ingin dilatih berbahasa Arab sejak kecil, kamu harus install aplikasi belajar bahasa Arab untuk anak ini. Aplikasi ini dirancang khusus untuk memudahkan anak-anak belajar bahasa Arab dengan metode yang menyenangkan.

Aplikas Belajar Bahasa Arab + Suara ini membawa konsep belajar interaktif agar tidak membosankan. Anak-anak akan dipandu mengenal nama benda-benda di sekitarnya dalam bahasa Arab.

Adapun fitur utama yang ada pada aplikasi belajar bahasa Arab untuk anak ini diantaranya permainan tebak angka, tebak kata, dan puzzle kartu Arab. Selain itu, ada juga fitur standar seperti mengenal nama Ayah, Ibu, benda-benda di rumah dan isi ruang kelas dalam bahasa Arab.

Nama aplikasiBelajar Bahasa Arab + Suara
PengembangSolite Kids
Rating4,4
Ukuran16 MB
DownloadGoogle Play

Percakapan Bahasa Arab Lengkap

Aplikasi ini sangat cocok dipakai oleh kamu yang masih pemula dan ingin memulai belajar bahasa Arab dari nol. Sebab, metode belajar yang ada dalam aplikasi ini sangat lengkap dan terstruktur.

Meski pun dirancang untuk pemula, tapi aplikasi ini juga layak dijadikan tambahan sumber rujukan bagi kamu yang sudah mahir berbahasa Arab. Karena, selain fiturnya sangat lengkap, materi yang tersedia juga terus diperbaharui dan dikembangkan.

Aplikasi percakapan bahasa Arab lengkap ini membawa banyak fitur mulai dari daftar kosakata, Qowaid seperti anatomi , isim, dhamir, fi’il, dan sebagainya. Lalu, ada juga fitur Hiwar bahasa dalam berbagai tema mulai dari pengenalan diri hingga tema silsilah keturunan.

Nama aplikasiPercakapan Bahasa Arab Lengkap
PengembangIstanStudio
Rating4,5
Ukuran53 MB
DownloadGoogle Play

Belajar Bahasa Arab Praktis

Yang terakhir ada aplikasi belajar bahasa Arab praktis yang juga cocok untuk pemula. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memulai proses belajar dengan mengenal terlebih dahulu kaidah dasar dalam bahasa Arab.

Adapun yang bisa dipelajari dalam aplikasi ini yaitu ilmu Nahwu yang berisi kaidah dasar tata bahasa Arab. Dengan menguasainya, kamu nantinya akan lebih mudah untuk naik ke level berikutnya.

Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan materi Hiwar atau percakapan bahasa Arab yang umum dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Nantinya, kamu akan belajar Hiwar tentang nama-nama anggota keluarga, nama alat-alat dalam rumah tangga, dan percakapan tentang anggota tubuh.

Nama aplikasiBelajar Bahasa Arab Praktis
PengembangDarussalam Learning Center
Rating4,6
Ukuran11 MB
DownloadGoogle Play

Nah, itu dia 9 aplikasi belajar bahasa Arab terbaik untuk anak dan dewasa yang bisa dipakai secara offline maupun online. Semoga dengan adanya aplikasi-aplikasi semacam ini, kita bisa lebih mudah mempelajari bahasa Arab untuk berbagai kebutuhan.

Oh iya, beberapa rekomendasi di atas mungkin merupakan aplikasi berbayar. Silahkan pilih aplikasi belajar bahasa Arab gratis kalau kamu belum siap mengeluarkan biaya untuk menggunakan yang berbayar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.